MOSBA XXI, Lahirkan Kader Santri Berkualitas

ADMINPESANTREN Sabtu, 19 Agustus 2017 21:32 WIB
452x ditampilkan Kabar Pesantren Profil

Bata-Bata – Ratusan santri didampingi Kepala Daerah (KAPDAR) masing-masing hadiri penutupan Masa Orientasi Santri Baru (MOSBA) XXI 2017 Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata di halaman madrasah, Jum’at malam (17/08/2017).

Acara yang dimulai pukul 07:30 – 10:30 tersebut dihadiri Dewan Ma’hadiyah, KH. Ach Ghazali Salim dan beberapa asatid lainnya. Dalam kesempatan itu, Ahmad Khusairi, S.Pd.I mengatakan agar santri tidak salah mengartikan juga salah memahami akan hakikat dari salam mosba.

“Salam mosba jangan hanya kita ucapkan, hafalkan, serta jangan hanya kita dzikirkan. Tapi, kita buktikan dengan cara memperaktekannya,” ungkapnya saat memberikan sambutan.

KH. ACH Ghazali Salim sedang memberikan ceramah kepada para peserta MOSBA XXI

Mosba kali ini bertemakan ‘khuluq syar’i dan khuluq ma’hady identitas santri hakiki’. Dengan demikian, para peserta Mosba diharapkan menjadi kader santri yang berkualitas baik dalam pendidikan ataupun moral.

KH. Ach. Ghazali Salim, dalam ceramahnya mengingatkan agar peserta Mosba menjadi santri yang seutuhnya. Serius ketika belajar dan patuh terhadap peraturan pesantren. Menurutnya, santri yang baik adalah yang bisa menyalurkan ilmunya ketika sudah hidup di tengah-tengah masyarakat.

“Santri yang baik bukanlah santri yang mendapatkan juara ketika ikut lomba. Akan tetapi, santri yang baik adalah santri yang patuh terhadap kedua orang tuanya dan bisa menyalurkan ilmunya sesuai dengan yang dibutuhkan masyarakat,” jelasnya. (Ali/Nis)