Kemeriahan Malam Kedua GETARIA 2017

ADMINPESANTREN Jumat, 25 Agustus 2017 21:41 WIB
446x ditampilkan Kabar Pesantren Profil

Bata-Bata – Malam kedua Gema Takbir Idul Adha (GETARIA) Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata berlangsung meriah, Rabu malam (22/8/2017). Pagelaran yang dimulai pukul 21.00-23.30 WIB itu disaksikan langsung ribuan santri dan sebagian asatid.

GETARIA merupakan acara tahunan PP. MUBA yang biasa digelar untuk menyambut Hari Raya Idul Adha 1438. Acara yang digelar di Madrasah Barat tersebut menghelat beberapa lomba, diantaranya  Musabaqoh Syarhil Qur’an (MSQ), Musabaqoh Fahmil Qur’an (MFQ), Baca Kitab (MQK) dan Musabaqoh Fahmil Imriti (MFI).

Ada beberapa tempat yang dijadikan venue perlombaan. Khusus lomba MSQ ditempatkan di panggung utama GETARIA, sedangkan lomba lainnya ada yang di aula Madrasah dan juga ruang kelas.

“MSQ tergolong lomba yang tensinya tinggi bagi para supporter, jadi agar menambah kemeriahan lomba kafilah daerah, maka lomba lainnya yang diletakkan di lain tempat, seperti lomba MFQ yang diletakkan di aula Madrasah,” kata Moh. Syarif selaku ketua panitia GETARIA 2017.

Selain lomba di atas, kemeriahan GETARIA semakin terlihat ketika lomba kafilah daerah. Para pendukung daerah atau badan otonom sangat antusias dalam meberikan dukungan. Berbagai atribut maupun yel-yel dinyanyikan untuk memberikan semangat bagi temannya yang sedang berlomba.

Ratusan santri delegasi dari setiap daerah dan badan otonom semarak mengikuti perlombaan tersebut. “Selain baca kitab, daerah dan otonom mendelegasikan tiga warganya, sedangkan baca kitab hanya perindividu,” kata Moh. Thohir, salah satu koordinator lomba GETARIA 2017. (Lil/Mil/Nis)