KH. Zuhri Zaini; Tasawuf Sebagai Kunci Kebangkitan Islam

ANIES Jumat, 19 Januari 2018 14:35 WIB
583x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji 3

Bata-Bata - Ngaji Tasawuf menjadi ngaji pembuka pada pelaksanaan Pekan Ngaji 3 yang diisi langsung KH. Zuhri Zaini, pengasuh Pondok Pesantren Nurul Jadid Paiton, Probolinggo, Jumat (18/01/2018)

Pada kesempatan tersebut, Kiai Zuhri menegaskan bahwa tasawuf merupakan salah satu kunci kebangkitan Islam. Hal itu selaras dengan tema yang diangkat yakni, kontribusi taswuf modern dalam kebangkitan islam.

“Tasawuf itu merupakan puncak keberagamaan. Karenanya, mari kokohkan pondasi kita,” tuturnya saat menyampaikan materi.

Kiai Zuhri menghimbau kepada semua santri dan penonton yang hadir untuk berhati-hati dalam melawan nafsu serta dunia. Karena jika tidak, maka akibat yang akan diterimanya adalah kegoyahan hati, serta keraguan akal, juga kerancuan pada keyakinan kita.

"Akidah merupakan pondasi yang harus kita tata kuat dan murni, tasawuf merupakan etika manusia dengan Allah, sesama manusia dan tentunya lingkungan alam sekitar," sambung Kiai Zaini.

Menurutnya, kegiatan pekan ngaji bisa ditiru pesantren yang lain agar bisa memahami hakikat tasawuf. "Kemasan pekan ngaji dengan meletakkan ngaji tasawuf bisa ditiru oleh pesantren lain, sebab tasawuf merupakan kata kunci kebangkitan Islam. Al-Islamu Ya'luu wa Laa Yu'laa 'Alaihi," kata KH Zuhri Zaini saat menyampaikan prolog Ngaji Tasawuf. (Ali/Nis)