Ngaji Hukum bersama Nur kholis, MH

SAJJAD Rabu, 24 Januari 2018 09:33 WIB
36x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji Tiga

Bata-Bata – Untuk menciptakan santri yang patuh akan peraturan, tentunya butuh kajian tentang hukum secara mendalam. Hal tersebutlah yang dilakukan oleh pihak panitia pekan ngaji tiga untuk menciptakan santri-santri yang hadal dalam bidang hukum dan advokasi. Memasuki hari kelima, panitia pekan ngaji tiga mengadakan ngaji hukum dan advokasi, yang diletakkan di aula pesantren, Senin, (22/01/2018).

Untuk menjadi pembicara pada kajian tersebut, pihak panitia mengundang Nur Kholis pakar ekonomi syariah UIN Sunana Kalijaga Yokyakarta dan manager University Hotel. Menurutnya Hukum adalah penegak keadilan baik yang berbau positif ataupun negative. ‘’Hukum adalah salah satu penegak keadilan baik itu bersifat positif maupun negatif ‘’ujarnya.

Pada seminar tersebut, tidak hanya dihadiri oleh para santri atau asatid saja, namun juga banyak dihadiri oleh para alumni. Bahkan, saking banyaknya peserta dalam kajian tersebut, ada sebagian yang tidak mendapatkan tempat duduk, dan terpaksa harus duduk dibawah.

Pada kajian itu, Nur Kholis menerangkan bahwa hukum adalah Peraturan yang berupa norma, akidah, dan sangsi. Sedangkan advokasi adalah pembelaan. ‘’Hukum adalah peraturan yang berupa norma, akidah, dan sangsi. Sedangkan advokasi adalah pembelaan, ‘’ ujurnya.

Sebelum mengakhiri kajian tentang hukum dan advokasi, dia dengan rendah hati menyampaikan bahwa dirinya datang ke Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata bukan karena ingin mengisi seminar, namun juga niatnya adalah belajar. “Saya datang kesini tidak hanya mengisi seminar, akan tetapi saya juga ingin belajar,” pungksanya. (lah/Asa)