Ngaji Psikologi, Buka Wawasan Santri Tentang Ilmu Psikologi

SAJJAD Rabu, 24 Januari 2018 23:32 WIB
223x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji Tiga

Bata-Bata – Ratusan peserta seminar pekan ngaji tiga mengikuti kajian psikologi dengan tema, “Psikologi sosial dalam konteks dakwah” yang bertempat di aula Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) pada Rabu pagi, (24/01/2018). Peserta seminar terdiri dari kalangan santri aktif  dan para guru Ponpes Muba, baik MI, MTS, MA, serta SMK.

Kajian psikologi tersebut dinarasumberi langsung oleh Prof. Dr. Abdul Mujib. Beliau adalah dosen UIN Syarif Hidayatullah Jakarta. Dan juga dimoderatori oleh  Muniri M.Psi. Sebelum memulai materinya, bapak Mujib – sapaan akrab beliau itu, memberikan motivasi terlebih dahulu ke para peserta seminar, kemudian dilanjutkan dengan materinya.

Mujib menjelaskan materi muai dari pemahaman-pemahaman dan korelasi antara psikologi, sosial, dan dakwah. Dia mengatakan bahwa asal muasal psikologi, sosial, dan juga dakwah adalah hal yang berbeda. Namun, sebagian kecil dari itu masih bisa disatukan. “Awalnya psikologi, sosial, dan dakwah itu berbeda namun sebagian kecil dari itu bisa disatukan,” Katanya.

Dia juga menambahkan “Psikologi meliputi berbagai aspek yang pertama konigtif, afektif, dan psikomotrik.  Aspek kognitif meliputi kecerdasn intelektual, dan aspek afektif meliputi kecerdasan emosional.  Sedangkan psikomotrik meliputi kecerdasan majemuk, yaitu, gabungan dari kecerdasan intelektual dan emosional. Dan rata-rata, 70 persen yang paling berpengaruh terhadap manusia yaitu kecerdasan emosional,” jelasnya. Selain itu, dia juga menjelaskan bahwa dalam berdakwah kita harus menyesuaikan ketiga aspek di atas.

Sebelum acara berakhir beliau berharap, santri Bata-Bata bisa berperan besar dalam kemajuan Islam kedepan. “Saya berharap santri Bata-Bata bisa berperan besar dalam  kemajuan Islam kedepannya,” Pungkasnya. (Ris/Asa)