Ngaji Strategi Pembelajaran, Proses Ciptakan Strategi Pembelajaran Terkini

SAJJAD Rabu, 24 Januari 2018 01:11 WIB
168x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji Tiga

Bata-Bata – Ngaji strategi pembelajaran menjadi cara menciptakan strategi pembelajaran berkualitas tinggi. Kajian tersebut mengangkat tema “Mengembangkan Kompetensi Pedagogik dengan Strategi Pembelajaran Terkini”. Kajian tersebut diletakkan di aula pesantren, Selasa, (23/01/2018).

Untuk mengisi kajian tersebut, pihak panitia pekan ngaji 3 mengundang Dr. Zainal Arifin, S.Pd.I., M. SI., sekretaris prodi MFI FTK di UIN Sunan Kalijaga, Yogyakarta. Pada kajian tersebut, rata-rata yang menjadi peserta adalah para guru, baik Madrasah Ibtidaiyah (MI), Madrasah Tsanawiyah (MTs), Madrasah Aliyah (MA), dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

Tidak jauh berbeda dengan apa yang dilakukan Tasaro GK, pemateri pada kajian menulis, Zainal – sapaan akrab Dr. Zainal Arifin mengajak peserta untuk bermain permainan yang bisa mengasah otak. Bahkan, permainan tersebut tidak hanya dilakukan di awal acara saja, namun di pertengahan acarapun, Zainal mengajak kembali peserta untuk melakukan senam pengasah otak. Dengan begitu, terbukti para peserta kelihatan semakin bersemangat dalam mengikuti kajian.

Dalam kajian itu pula, Zainal menyampaikan kesuksesan belajar mengajar tidak hanya terfokus pada murid saja, namun juga pada kreativitas guru dalam membimbing para muridnya. Bahkan dia mendefinisikan guru sebagai akar kesuksesan muridnya. “Guru adalah akar kesuksesan muridnya,” katanya.

Sebelum beralih pada sesi tanya jawab, Zainal membacakan perkataan Sayyidina Ali bin Abi Tholib, yang menyampaikan kesiapan diri beliau menjadi budak bagi orang yang mengajarinya walau satu huruf saja. “Saya siap menjadi budak bagi orang yang pernah mengajari saya walau hanya satu huruf saja,” pungkasnya. (Lah/Asa)