Dr. Budi Ashari; Ilmu Pengatahuan Temuan Muslim, Bukan non-Muslim

SAJJAD Kamis, 25 Januari 2018 12:15 WIB
55x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji Tiga

Bata-Bata – Meskipun hujan deras mengepung tenda-tenda tempat para peserta seminar Sejarah Peradaban Islam berteduh, seminar dengan tema Perkembangan Peradaban Islam dalam Kebangkitan Islam tersebut berlangsung dengan khidmad, Rabu (25/1/2018) malam.

Seminar yang berlangsung di halaman luas Madrasah Barat itu dihadiri rubuan santri beserta para asatid dan juga panitia Pekan Ngaji 3 PP.Muba. Panitia mendatangkan pakar sejarah Islam yang sering diundang ke stasiun televisi swasta, Dr. Budi Ashari, MA.

“Pemateri kita ini merupakan ahli sejarah Islam yang sudah sangat terkenal. Ia sering muncul di acara Khazanah Islam Trans TV setiap pagi,” jelas Syukri Rusdi begai menderator seminar seraya memperkenalkan sang pemateri.

Dalam penyampaiannya, Budi Ashari menjelaskan berbagai sejarah peradaban Islam yang pernah berkuasa di Dunia. Ia mengatakan bahwa sejarah tentang ilmu pengetahuan juga mengalami distorsi kebenaran. “Ilmu pengetahuan itu merupakan temuan orang muslim selama berkuasa dulu,” jelasnya.

“Mereka (orang non-Islam, Red) hanya meneruskan dan mengambil alih semua kejayaan sahabat kita dulu. Sebenarnya mereka tidak ada apa-apanya, hanya saja kita (orang Islam, Red) yang terlalu lalai. Hingga orang kafir itu merubah jalan sejarah yang sebenarnya,” lanjutnya.

Budi Ashari juga mengatakan bahwa jalan untuk merebut kembali kejayaan Islam itu masih terbuka lebar. “Jika kalian (santri, Red) belajar ke Eropa, berangkatlah dengan niatan untuk mengambil kembali ilmu-ilmu orang Islam. Di sana juga masih banyak bekas peradaban Islam yang bisa kita kunjungi,” katanya seraya memberi semangat kepada semua santri untuk terus belajar demi kemajuan Islam di masa mendatang. (lil/Asa)