Prof. Dr. Mohd. Nasran Mohamad; Islam dan Melayu Satu Kesatuan

ANIES Sabtu, 27 Januari 2018 18:45 WIB
67x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Pekan Ngaji 3

Bata-Bata – Salah satu pemateri asal Malaysia, Prof. Dr. Mohd. Nasran Mohamad menjadi pemateri pada kegiatan Ngaji Hukum Islam dengan tema ‘Hukum Keluarga Islam Terkini dari Berbagai Sudut Pandang’ dalam rangkaian kegiatan Pekan ngaji 3 Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata, Jum’at (26/01/2018).

Pria yang baru petama kali mengisi kegiatan bertaraf internasional itu menjadi pamateri tunggal pada kegaitan yang bertempat di Aula Pesantren. Kajian berlangsung selama 3 jam dimulai jam 14.00 hingga 17.00 WIB.

Pada kajian tersebut, ada banyak poin-poin penting yang dibahas berkenaan dengan hukum Islam, diantaranya undang-undang Islam di Malaysia, Negeri-Negeri Melayu, Penjajahan Indonesia dan Malaysia.

Menurutnya, Islam yang tersebar di Malaysia ataupun negara-negara Melayu merupakan satu-kesatuan, keduanya tak dapat dipisahkan. Dalam sejarahnya, penyebaran agama Islam tidak terlepas dari peran pemerintah serta adat istiadat.

“Perlu diingat, di negara Islam Malaysia dan Melayu adalah satu-kesatuan yang tak lagi dapat dipisahkan. Jika salah satu dari keduanya sudah hilang, maka hal yang lainpun ikut hilang,” jelas Prof. Dr. Mohd. Nasran Mohamad di hadapan ribuan santri. (Sup/Nis)