Gubernur NTB Doakan Santri Bata-Bata Beradab Seperti Nabi

ANIES Senin, 12 Februari 2018 19:45 WIB
507x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Ponpes Muba TGB GUbernur NTB

Bata-Bata – Gubernur Nusa Tenggara Barat, Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A, mendoakan para santri saat berkunjung ke Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata Pamekasan, Minggu (11/02/2018).

Di hadapan ribuan santri, Tuan Guru Bajang berdoa agar para santri mendapatkan ilmu yang berkah serta akhlak yang mulia seperti akhlak Nabi Muhammad SAW. Karena pada dasarnya akhlak merupakan pondasi untuk mendapatkan ilmu yang barokah.

“Semoga Allah SWT membuka hati kalian semua, memberikan ilmu-ilmu yang barokah, menjadikan kalian wadah ilmu, hikmah dan adab yang serupa dengan adab nabi kita Muhammad SAW,” Kata Dr. TGH. Muhammad Zainul Majdi, M.A.

Allah SWT. lanjut pria bersorban itu, tidak memuji rasulnya dengan ilmunya, wajahnya yang gagah, dan tidak dengan hartanya. Namun, Allah memuji rasulnya dengan akhlaknya yang mulia.

“Tadi, pimpinan pondok memperlihatkan video tentang Bata-Bata dan saya melihat tulisan kesopanan lebih tinggi nilainya daripada kecerdasan. Inilah yang dimaksud ‘wa innaka la’ala khuluqin ‘adhim’. Para ulama juga menempatkan akhlak sebelum ilmu,” jelasnya.

Akhlak menjadi bagian yang tak bisa dipisahkan dari kepribadian baginda Nabi Muhammad SAW. Dalam proses belajarnya sangat bergantung pada akhlaqul karimah.

“Syaikh Muhammad Hasan al-Massyath, ketika didatangi salah satu muridnya mengatakan, apakah kamu sudah khatam kitab Ta’limul Muta’allim? Karena belum khatam, beliau memerintahkan muridnya untuk belajar dulu sebelum belajar ilmu kepadanya. Ini menandakan pentingnya berakhlak,” pungkasnya. (Nis/Bil)