Ribuan Santri Bata-Bata Shalat Ghaib untuk Habib Salim asy-Syathiri

Sabtu, 17 Februari 2018 18:35 WIB
803x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata -  Ribuan santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan menggelar shalat ghaib untuk almarhum Habib Salim bin ‘Abdullah bin ‘Umar asy-Syathiri di mushalla kompleks pesantren, Sabtu (17/02/2018). 

Shalat ghaib tersebut dipimpin langsung Dewan Ma'hadiyah Ponpes Muba, Ahmad Khusairi, S.Pd, I, usai kajian kitab Safinah, Sullam, dan Bidayah. Tanpa dipandu para santri langsung berjejer membentuk shaf untuk menyolatkan dan mendoakan salah satu ulama besar di Tarim, Hadhramaut. 

Sebelumnya, kabar duka wafatnya Habib Salim beredar sejak sabtu pagi di beberapa sosial media. "Innalillahi wa innailaihi rajiuun, hari ini kita kehilangan seorang ulama besar panutan umat Islam," kata Khusairi. 

Habib Salim merupakan salah satu habib dan ulama besar yang mempunyai andil besar dalam mendidik dan mencetak para alim-ulama di Indonesia. Habib Salim mengabdikan dirinya dengan mengasuh Rubath Tarim yang mempunyai sekitar 500 orang santri dari berbagai negara termasuk Indonesia. 

Selain itu, Habib Salim dikenal memiliki keikhlasan yang tinggi, akhlak yang mulia serta senantiasa menjaga sunnah Nabi SAW. Ulama yang lahir 1593 H, itu menghabiskan hidupnya dalam kegiatan dakwah di berbagai majelis. Dakwah-dakwahnya pun telah menyadarkan umat untuk kembali ke jalan Islam yang rahmatan lil ‘alamin. (Nis/Bil).