DPW IMABA Bangkalan Gelar Lomba Hafidz Cilik

ANIES Senin, 4 Juni 2018 19:48 WIB
897x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Pp Muba Imaba Imaba Bangkalan

Bata-Bata – Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Mahasiswa Bata-Bata (DPW IMABA) Bangkalan menggelar lomba Hafidz Cilik se-Kabupaten Bangkalan, Minggu (03/06/3018). Kegiatan yang bertempat di komplek masjid Nurul Hidayah, Gili Anyar, Kamal, Bangkalan digelar dalam rangka memperingati Nuzulul Qur'an, Ramadhan 1439 H.

Ketua Umum DPW IMABA Bangkalan, Moh. Arief Jauhari mengatakan, kegiatan tersebut merupakan kegiatan yang baru pertama kali digelar selama masa kepengurusannya. 

Untuk itu, Arief berharap kegiatan tersebut menjadi awal yang baik dalam kepengurusannya selama satu priode kedepan sehingga nantinya menjadi agenda rutin yang bisa digelar setiap tahun.

"Dalam kegiatan ini, kami ingin memotivasi anak-anak untuk bisa menghafal dan mempelajari al-Qur'an. Dan yang tidak kalah pentingnya harapan kami, semoga agenda ini bisa menjadi rutinitas IMABA Bangkalan itu sendiri " ungkap Arief.

Menurutnya, masyarakat Bangkalan sangat antusias mengikuti lomba. Pasalnya, kuota peserta lomba melebihi batas maksimal yang sudah ditentukan panitia. Kendati demikian, panitia tetap tidak menambah peserta meski ada beberapa lembaga yang meminta untuk menambah kuota.

Lomba Hafidz Cilik kali ini, panitia menyediakan dua kategori lomba yakni kategori I (3 s/d 7 tahun) surah ad-dhuha sampai surah an-naas. Sedangkan kategori II (8 s/d 12 tahun) surah an-naba' sampai an-naas.

Nabilah Ausyaf, peserta lomba delegasi SDIT Mutiara Ilmu Bangkalan mengaku senang bisa mengikuti lomba hafidz cilik. Ia menyatakan sudah menghafal surah-surah sebagai syarat mengikuti lomba tersebut. 

"Saya ingin menjadi hafidz mas. Sekarang saya masih berumur 8 tahun. Kali ini saya ikut kategori dua mas, tapi saya kurang begitu lancar di surat an-naba'nya." paparnya saat ditanya disela-sela acara berlangsung.

Selain itu, Adiyono, S.Hi., M.Hi, Pengurus Ikatan Alumni Bata-Bata (IKABA) Bangkalan, mendukungan kegiatan yang dinilai sangat bermanfaat. "Saya sangat mengapresiasi kegiatan Hafidz cilik ini. Semoga ini menjadi agenda tahunan DPW IMABA Bangkalan. Sehingga nilai-nilai pengabdian mahasiswa Bata-Bata bisa dirasakan oleh masyarakat," ujarnya. (Zain/Nis)