DPK IKABA Proppo Adakan Ziarah Maqbaroh Ulama

ANIES Kamis, 7 Juni 2018 08:48 WIB
471x ditampilkan Headline Berita Kabar Pesantren Dpp Ikaba Dpk Ikaba Proppo

Bata-Bata – Dewan Pengurus Kecamatan (DPK) Ikatan Alumni Bata-Bata (IKABA) kembali menggadakan ziaroh pada makam-makam para nenek moyang serta guru-guru mereka, Rabu (06/06/2018). Kegiatan itu diawali dengan khotmil quran yang bertempat di rumah Kepala Desa Jambringin Proppo Pamekasan.

Kegiatan yang ke lima tersebut diikuti 100 anggota IKABA yang dipimpin langsung RKH Abdul Majid Abdurrahman Zahid dan beberapa tokoh masyarakat lainnya. Mereka terlihat kompak bersama-sama menuju pasarean para ulama.

Panitia forum silaturrahmi DPK IKABA Proppo Muhammad Elman mengatakan, setiap bulan DPK IKABA Proppo rutin mengadakan kegiatan dan silaturrahmi antar pengurus dan anggota. “Kami rutin mengadakan pertemuan tiap bulan. Tapi untuk bulan ramadhan kami mengadakan ziarah ke makam-makam para ulama,” ungkapnya.

Pada ziarah kali ini, ada enam maqbaroh yang menjadi tujuan utama. Yakni astah pakes, astah bagandan, congkop Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata, astah toket (bujuk Ajih), bujuk Abdurrahman Batu Ampar, dan bujuk Kosambih Batu Ampar.

“Di makam-makam itu nenek moyang dan guru-guru kami disemayamkan. Ziaroh ini sebagai pertanda bahwa kami tidak lupa dan tidak akan melupakan jasa dan perjuangan beliau-beliau,” Kata Elman. (Nis/Bil)