Penegasan Undang-Undang Pada Santri MUBA

SAJJAD Selasa, 28 Agustus 2018 12:48 WIB
453x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Ponpes Muba

Bata-Bata – Penegasan undang-undang Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata sudah dilaksanakan, Senin Malam (27/08/2018). Penegasan undang-undang tersebut bertempat di halaman sekolah barat PP.Muba dan dilaksanakan pra acara clossing contest GETARIA.

Undang-undang yang ditegaskan kembali oleh ketua umum dan ketua 1 Dewan Ma’hadiyah Ustad Imam Syafi’i dan Ustad Wahyudi Efendi, berisi beberapa hal berkenaan dengan kegiatan dasar dan kebersihan pondok pesantren. Pada kesempatan pertama, Ustad Imam Syafi’i ambil bagian memaparkan hal-hal yang tak patut dilakukan oleh santri seperti, merokok. “Jangan sampai biaya untuk membeli rokok lebih besar dari biaya pendidikan kalian, ” ujarnya. Selain, itu beliau juga memiliki program dengan tagar #batabatabersih yang bertujuan untuk menjadikan lingkungan pondok bersih, indah, dan rapi.

Ada dua hal pokok yang ditangkap oleh redaksi dari penjelasan beliau. Pertama, Ustad Imam Syafi’i mewanti-wanti pada para santri supaya tidak terpengaruh oleh pergaulan sosial yang buruk.  Kedua, Ustad Wahyudi Efendi memberi ceramah pada para santri betapa pentingnya sebuah pendidikan. Oleh karena itu, para santri diharapkan menjadi seorang pencari ilmu yang sukses dunia-akhirat.

Setelah itu, sebelum acara penutupan lomba, dilanjutkan dengan penjelasan terkait undang-undang kepesantren. Dalam hal tersebut, langsung dipandu oleh ketua Dewan Am’nil Am Ustad Ghafur dan Ustad Majrur.

Beliau menyampaikan perihal pelanggaran pokok, serta batas wilayah keluar santri. Tidak hanya itu, beliau juga menyampaikan tatacara perizinan yang benar. “Selanjutnya langsung diamalkan,” tegasnya. (ris)