Ponpes Muba, Gondol Tiga Trofi Sekaligus

SAJJAD Senin, 3 September 2018 13:54 WIB
2120x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Ponpes Muba

Bata-Bata – Tiga santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata kembali mengharumkan almamaternya. Ketiganya berhasil membawa tiga tropi sekaligus dan hadiah uang tunai. Lomba baca kitab kuning se-kabupaten itu diikuti oleh 70 peserta. Lomba tersebut digelar di Masjid Hotel Berlian, Jl.Panglegur Pamekasan Ahad (02/09/2018) kemarin.

Ajang lomba yang diadakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat (DPR. RI) dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu, dalam rangka untuk melestarikan membaca kitab kuning, dan tujuan-nya untuk mempertahankan budaya Islam. Adapun kitab yang dilombakan dalam perlombaan itu, adalah kitab yang memang sudah masyhur di kalangan santri, dan terkenal akan sulitnya untuk dibaca yaitu; kitab Fathul Mu’in yang dikarang oleh Syekh Zainuddin Ibn Abdul Aziz al-Malibari.

Dari lima santri yang diutus Ponpes Muba, tiga diantaranya dapat mebawa pulang gelar juara. Ketiga santri tersebut yaitu, Abd Wadud sebagai juara 1, Mahrus Ali sebagai juara 2, dan Hobsin sebagai juara 3.  Ketiga santri tersebut mendapat sertifikat, trofi, serta uang pembinaan.

Ustad Mujib selaku Kasi Pengbakmin dan Ustad Hafid sekaligus pendamping mereka, sangatlah senang atas raihan anak-anak asuhannya, karena santri yang dia bawa untuk mengikuti lomba tersebut bisa mendapatkan juara dan membawa tiga tropi sekaligus. “Tentunya kami sangat senang, dan kami tidak salah pilih untuk mengikutkan tiga santri ini. Hal seperti ini merupakan prestasi yang sangat gemilang, dan sangat ditunggu sekali, kerena jarang terjadi dalam satu lomba semua juara satu, dua, dan juara tiganya diraih oleh satu pondok saja.” Paparnya. (Aruf/Asa)