Wisuda Akbar dan Wisuda Manhal Dua Unjuk Kehebatan Santri Muba

SAJJAD Senin, 12 November 2018 22:31 WIB
140x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Ponpes Muba

Bata-Bata – Maktuba (Maktab Nubdzatul Bayan) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, adakan wisuda akbar dan manhal dua. Ada 20 orang yang santri yang diwisuda pada acara wisuda kali ini, yang sudah menguasai 17 kitab dalam 11 cabang disiplin ilmu. Acara wisuda tersebut diletakkan di halaman Takhassus, Ahad, (11/11/2018).

Sama seperti acara wisuda pondok kecil dan takhassus, wisuda akbar ini juga dikemas dengan sistem demontrasi. Semua undangan yang hadir dapat pertanya apapun yang berkaitan dengan 11 disiplin ilmu yang sudah dikuasi oleh para wisudawan. Mulai dari lafadz, makna, dan juga pemahaman secara syar’I atau sosial.

11 disiplin ilmu tersebut diantaranya, faroid, arud, balangoh, hadits, tafsir, dan beberapa cabang ilmu yang lain. Yang meliputi 17 kitab, diantaranya, Bulungul Maram, Ayatul Ahkam, Tafsir Jalalain, dan beberapa kitab yang lain.

Tidak hanya itu, para wisudawan juga di test langsung oleh Syekh Al-Fadholi dari Turki, yang kebetulan menjadi tamu kehormatan pada acara tersebt. Syekh Al-Fadholi juga memnyampaikan akan kekaguman terhadap para wisudawan, sebab, tidak hanya hafal ke-17 kitab, namun bisa mengkonfersikan ke dalam permasalahan sosial yang ada. “Saya sangat takjub,” dauhnya, (Diterjemah dari Bahasa Arab, red).

Tidak hanya membuat kagum Syekh Fadholi, namun juga seluruh penyoal pada waktu itu. Fathurrohman, salah satu diantara penyoal sampai meluapkan rasa kagumnya di atas panggung. Dia mengatakan, dengan umur yang masih begitu muda dan hidup di zaman sekarang, sulit sekali menemukan anak-anak seperti para wisudawan kali ini. “Saya merasa bangga,” katanya.

Kemudian, acara tersebut di tutup dengan pemberian cendramata dan juga sertiikat wisuda kepada para wisudawan dari pihak Maktuba. (Asa/Jad)