Pesan Buya Yahya Pada Pendakwah

SAJJAD Jumat, 11 Januari 2019 09:59 WIB
350x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PonpesMubaPekanNgaji4

Bata-Bata – Buya Yahya Zainal Ma’arif pendiri Lembaga Pengembangan Dakwa (LPD), Cirebon isi Ngaji Fiqh al-Dakwah pada opening Pekan Ngaji 4. Ngaji tersebut berada di halaman madrasah barat, Kamis, (10/01/2019).

Pada kajian tersebut banyak yang Buya Yahya – panggilan akrab Buya Yahya Zainal Ma’arif sampaikan. Mulai dari karakteristik dakwah, sarat menjadi pendakwah, sifat-sifat pendakwah, sampai kendala mejadi pendakwah.

Beliau menyampaikan jika dakwah adalah kewajiban semua orang, dan kewajiban dakwah tersebut dimulai sejak saat ini. Beliau juga menambahkan jika jangan menunggu-nunggu untuk berdakwah, lakukan detik ini juga. “Dakwah itu wajib bagi semua, dan harus dari sekarang,” dauhnya.

Tidak hanya itu dakwah bukan hanya lewat ceramah atau orasi. Beliau menyampaikan jika dakwah bisa lewat apa saja, sebab makna dakwah ialah sesuatu yang bisa membawa orang lain menuju ridho Allah. Yang punya ilmu dakwahnya lewat ilmu, yang pengusaha dakwahnya lewat harta, yang penguasa dakwahnya lewat tenaga. “Semua bisa berdakwah,” tambah beliau .

Banyak lagi yang disampaikan oleh Buya Yahya dalam acara Ngaji Fiqh al-Dakwah pada opening Pekan Ngaji 4. Dan acara Ngaji tersebut ditutup oleh doa oleh Abuya Yahya sendiri. (IBM/Jad)