Ngaji Optimalisasi Masjid, Ajak Masyarakat Mengoptimalkan Masjid

SAJJAD Jumat, 18 Januari 2019 10:55 WIB
142x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PonpesMubaPekanNgaji4

Bata-Bata – Guna menciptaka kecintaan santri terhadap masjid serta menciptakan masyarakat yang bermilenial akan kepentingan dan keindahan masjid, panitia Pekan Ngaji 4 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata adakan Ngaji Optimalisasi Masjid. Ngaji tersebut bertemakan “Masjid Dalam Mengedukasi Masyarakat”, Jumat pagi (18/01/2019) di musholla putra.

Acara yang di mederatori oleh Moh. Junaidi S. Hum, M. Pd tersebut dikhususkan untuk umum, mulai dari masyarakat, alumni, asatidz dan juga santri yang berkisaran ribuan peserta.

Drs H. Ilhamullah Sumarkhan M. Ag direktur Imarah Masjid Nasional al- Akbar sebagai pemateri tunggal pada Ngaji Optimalisaasi Masjid mengatakan, bahwa bangunan yang pertama kali dibangun oleh Rasullullah pada saat hijrah adalah masjid. “Masjid itulah yang dibangun pertama kali oleh rasul ketika berhijrah,” katanya.

Beliau juga menyampaikan, bahwa Rasulullah di zaman dahulu mengatur kenegaraan itu tidak lepas dari masjid. “Rasulullah mengatur negara itu tidak lepas juga dari masjid. Tapi bukan dalam arti politik praktis ya.... untuk dapat kursi itu, bukan. Tapi bagaimana mengelola negara, menjadi negara yang damai, dan negara yang Islami.”

Dosen UIN Sunan Ampel Surabaya tersebut menambahkan, bahwa masjid itu sangat penting untuk di optimalkan. “Masjid itu penting untuk kita optimalkan, supaya dari masjid masyarakat termasuk santri semuanya menjadi orang yang fiddunya hasanah wafil a khiroti hasanah wakina adha bannar,” Tambahnya.

Di dalam perbincangannya, Drs H. Ilhamullah Sumarkhan M. Ag juga memberitahukan, bahwa di Masjid Nasional al-Akbar dari sisi pengembangan ekonominya sudah lengkap. “Dari sisi pengembangan ekonomi masjid nasional al-Akbar itu juga ada Bank syariahnya juga  ada koprasi,  ada kabin, ada toko, bahkan juga ada siaran berupa radio, dan insyaallah masjid al-Akbar sudah lengkap dari segala perlengkapannya,” Pungkasnya. (Lil/Jad)