Mencegah Bahaya Globalisasi Bersama Dr. Bilal Mahmoud Afifi Ghueim

SAJJAD Sabtu, 19 Januari 2019 01:09 WIB
160x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PonpesMubaPekanNgaji4

Bata-Bata – Dalam seminar International Event Pekan Ngaji 4 Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata kedatangan Syekh Dr. Bilal Mahmoud  Afifi Ghueim dosen Universitas al-Azhar, Mesir. Datangan beliau ke acara Pekan Ngaji 4, yaitu sebagai pemateri dalam Ngaji Kepesantrenan, Jumat, (18/01/2019).

Acara tersebut bertemakan, “Pekembangan Pondok Islam di Era Globalisasi.” Dalam penyampaiannya Syekh Dr. Bilal Mahmoud  Afifi Ghueim sedikit menyinggung tema yang disuguhkan panitia kepada beliau.

Menurut beliau, globalisasi adalah racun yang dapat meruntuhkan eksistensi pesantren. Dimana, adanya globalisasi bukan malah membawa dampak positif, namun malah dampak negatif. Adanya globalisasi memang salah satu bentuk kemajuan peradaban, namun adanya globalisasi seharusnya menjadi perhatian khusus para penghuni pesantren.

Dimana, menurut beliau, para asatidz dan juga santri  harus benar-benar cakap untuk memilah dan memilih yang baik dan yang buruk dalam bergelutan globalisasi saat ini. Jika salah pilih dapat membahayakan pesantren. “Jika salah pilih bisa hancur pesantren itu,” dauh beliau.

Beliau juga menyampaikan banyak tentang dampak negatif adanya globalisasi terhadap Islam dan peasntren khususnya. Diantaranya; Banyaknya pemahaman yang melenceng dari agama, banyak menimbulkan keraguan beragama di hati masyarakat, dan juga dapat merusak akidah seseorang.

Bukan hanya itu, beliau juga berpesan kepada yang hadir pada ngaji tersebut, jika, salah satu alat penyebar virus globalisasi adalah internet. Maka hati-hatilah mengunakan internet. Dimana, jika bisa mengunakan internet dengan bijak, maka insyaallah akan terhindar dari bahaya globalisasi. “Gunakanlah Internet dengan porsi yang pas dan sesuai,” pesan beliau. (dil/san/Jad)