MTQ Getaria; Meningkatkan Minat Baca Al-Quran

SAJJAD Senin, 12 Agustus 2019 22:07 WIB
60x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren GETARIA 1440 H

Bata-Bata - Panitia GETARIA (Gema Takbir Idul Adha) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (MUBA) gelar perlombaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) yang diletakkan di panggug 2 yang ada di aula Perpustakaan Al-Majidiyah PP MUBA, pada Senin malam (12/08/2019).

Pada perlombaan MTQ tersebut, panitia mengharuskan semua instansi yang ada di PP MUBA untuk mengikuti perlombaan tersebut. Baik yang tinggal di badan otonom atau di masing-masing daerah yang ada di PP MUBA.

Perlombaan tersebut diikuti oleh belasan santri dari setiap instansi yang ada di Bata-Bata, Ustadz Rofiuddarojat, penanggung jawab Jamiyatul Quro’ sekaligus koordinator lomba MTQ, mengatakan “Lomba ini seharusnya diikuti oleh satu anggota dari semua instansi yang ada di Bata-Bata, tetapi sekarang yang hadir hanya belasan, mungkin mereka tidak hadir karena ada halangan atau yang lain” jelasnya.

Di samping itu, diselenggarakannya perlombaan tersebut bertujuan untuk meningkatkan minat baca Al-Quran santri PP MUBA dalam menggunakan lagu-lagu khusus dan tartil. Ustadz Rofi' -sapaan akrab Ustadz Rofiuddarojat- mengatakan “Adanya lomba ini didasari untuk meningkatkan minat baca Al-Quran santri PP Muba dalam menggunakan lagu-lagu, karena dari dulu PP MUBA terkenal akan akhlaq, keilmuan Islamnya, dan dalam ranah MTQ di berbagai ajang perlombaan”, ujarnya.

Di akhir perbincangannya, Ustadz Rofi’ berharap kepada semua santri PP MUBA, “Meski tidak minat dalam menggunakan 7 lagu tartil yang ada, saya berharap agar santri terus meningkatkan kemampuan baca Al-Qurannya, karena hal itu sangat penting bahkan menjadi bekal nanti ketika akan ditugas”, harapnya. (Yan/Ans)