Mudahnya Kuliah ke Luar Negeri!

SAJJAD Selasa, 13 Agustus 2019 15:20 WIB
158x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Kuliah Luar Negeri Asrama Kelas Akhir M2

Bata-Bata – “Kita sebagai seorang santri harus bisa menjawab tantangan global serta bisa go internasional”, semangat salah satu Ketua Dewan Ma’hadiyah Ustadz Wahyudi Efendi ketika memberikan sambutan pada seminar pendidikan, Selasa siang (13/08/2019) yang dilaksanakan di Aula Perpustakaan Al-Majidiyah.

Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (PONPES MUBA) kembali mengadakan seminar untuk para santrinya. Namun seminar yang sekarang agak berbeda dengan yang biasanya, seminar tersebut adalah seminar pendidikan dengan tema, “Santri, Tantangan Global dan Kuliah di Luar Negeri.”

Pihak panitia – yang menyelenggarakan seminar pendidikan dan didominasi oleh asatidz pesantren– untuk mengadakan acara tersebut mengundang dua narasumber yang sudah tidak diragukan lagi kredibilitasnya dalam dunia pendidikan dan wawasan terkait kuliah di luar negeri. Kedua narasumber tersebut di antaranya adalah Founder & CEO Klikcoating atau Wakil Katib Syuriah PCINU Tiongkok Budi Sugandi, serta Afifullah, S.Th.I, M.Sc. dosen IAIN MADURA dan Komisariat PT Nur Buana Investama.

Dengan didatangkannya kedua narasumber tersebut dapat dilihat bagaimana usaha dan keseriusan pihak Ponpes MUBA sendiri yang benar-benar berusaha untuk memajukan masa depan santrinya, terutama dalam masalah pendidikan.

Peserta seminar yang hadir merupakan ratusan santri kelas akhir yang sedang menjalani asrama khusus. Bahkan, begitu antusiasnya peserta pada seminar pendidikan tersebut, santri yang bukan kelas akhir-pun turut ikut masuk ke ruang seminar.

Acara seminar pendidikan itu berjalan dengan kondusif dan antusiasme tinggi, baik dari pihak narasumber sendiri dan para santri yang sepertinya mendambakan diselenggarakannya seminar semacam itu. Hal itu terbukti dengan apresiasi yang diutarakan oleh bapak Afifullah, ”Saya sangat senang dan suka dengan orang-orang di pesantren, khususnya santri Ponpes Muba, karena santri-santrinya sangat aktif sekali dan menyimak dengan baik setiap penjelasan dari saya”, terangnya. Narasumber yang bernama Afifullah tersebut sebelum menyampaikan materinya terlebih dahulu membangkitkan semangat diri peserta yang ia sebut dengan self motivation.

Tidak mau kalah dengan Bapak Afifullah, Bapak Budi Sugandi yang akrab disapa pak Budi tersebut juga dengan semangatnya yang luar biasa menyampaikan materi tentang teknis atau trik jitu untuk bisa kuliah di luar negeri, dan bagaimana saja step by step-nya. ”Untuk kalian! Agar bisa kuliah di luar negeri, itu ada step by step-nya, selain kalian harus punya semangat, kalian juga harus punya yang namanya strategi. Salah satu strategi tersebut adalah memplaningkan apa saja yang diperlukan untuk bisa menggapai visi yang kalian ingin capai yaitu kuliah di luar negeri”, jelas Bapak Budi dengan semangat saat menyampaikan materinya. “Kalian bisa memplaningkan visi yang kalian ingin capai tersebut jauh-jauh hari, supaya persentase kalian nanti untuk lulus bisa terjamin”, tambah Pak Budi.

Terakhir dari event seminar tersebut, kedua narasumber sepakat menyampaikan bahwa untuk mencapai sebuah visi itu harus memiliki kemauan, semangat, kerja keras, ketekunan, dan konsistensi untuk mencapai visi tersebut. “Kami sepakat! Dalam mencapai sebuah visi apalagi visi yang besar itu diperlukan yang namanya kemauan, semangat, ketekunan, dan konsistensi dari masing-masing pribadi. Jika pribadi seseorang tersebut ingin mencapai visi yang dia inginkan, maka hanya itu modalnya! Tidak lebih dan tidak kurang, dan juga tidak bisa ditawar. Lebih baik kalian mencoba lalu gagal dari pada kalian gagal mencoba” pungkasnya. (Ris/Ans)