Tahun Baru, Edisi Baru

SAJJAD Senin, 2 September 2019 21:22 WIB
196x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren New Fatwa Edisi 15 Literasi Pesantren Literasi Santri Santri Menulis

Bata-Bata – Bersamaan dengan tahun baru hijriah, Majalah New Fatwa mengeluarkan edisi 15 sebagai edisi terbarunya. Edisi tersebut diluncurkan ke khalayak umum pada Minggu, (01/09/2019), kemarin.

Pade edisi ke 15-nya, New Fatwa mengangkat tema yang sedikit berbeda dengan tema-tema yang biasa diangkat pada edisi-edisi sebelumnya. Jika biasanya New Fatwa mengangkat tema dengan berlatar belakang masalah sosial dan dengan banyak menggunakan bahasa ilmiah, pada edisi 15 kali ini tema yang diangkat lebih bersahabat terhadap santri dan dengan bahasa yang lebih ringan.

Pada edisi 15-nya New Fatwa mengangkat tema “Membangkitkan Literasi Kaum Santri”. Tema tersebut diangkat tentunya melihat pada keadaan santri sekarang yang minat baca dan tulisnya sangat rendah.

Ustadz Syahin Jalal selaku Pimpinan Redaksi mengatakan jika santri bukan hanya berperan sebagai pewaris keilmuan para ulama, namun juga pewaris goresan pena para ulama. Menurut beliau sudah jarang ada santri yang menuangkan gagasan-gagasan emasnya lewat tulisan, mirisnya lagi motivasi santri untuk menggeluti dunia literasi sekarang sudah hampir punah. “Mereka (santri, red) sudah kehilangan semangat,” katanya.

Ustadz Syahin – panggilan akrab Ustadz Syahin Jalal juga berharap dengan terbitnya edisi 15 kali ini akan membawa dampak positif pada motivasi santri dalam menggeluti dunia literasi. Bukan hanya  itu, dengan terbitnya edisi kali ini juga diharapkan akan berdampak pada banyak lahirnya karya-karya gemilang dari pena-pena santri. “Saya berharap akan membawa perubahan besar pada santri,” pungkasnya. (Jad/Ans)