Hidup Bersih Dan Sehat, Sangat Penting!

SAJJAD Kamis, 5 September 2019 23:22 WIB
169x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Pesantren Bersih Dan Sehat

Bata-Bata – Penyuluhan kesehatan dan lingkungan hidup yang dikemas dengan event seminar telah dilaksanakan pada Kamis (05/09/2019) yang bertempat di lokasi baru – Selatan M2KD – Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (PON PES MUBA).

Seminar berwawasan lingkungan hidup bersih dan sehat tersebut melibatkan beberapa orang penting, di antaranya; moderator, Ust. Syafi’uddin, pemateri, Bapak Amin Jabir, ST. MT. selaku Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) serta dua orang perwakilan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Pamekasan, Bapak Ach. Samlan dan Bapak Rizki Samlan. Acara tersebut turut dimeriahkan pula dengan hadirnya ribuan santri yang begitu antusias berpartisipasi menjadi peserta.

Acara seminar yang dihadiri oleh mayoritas elemen warga pondok pesantren tersebut, bertujuan untuk kebaikan Bata-Bata ke depan. Khususnya, terkait dengan lingkungan hidup bersih dan sehat, seminar ini diharapkan bisa mengedukasi para santri dan membentuk karakter mereka agar cinta pada kebersihan.

Pada waktu pra-acara ada segmen sambutan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Ma’hadiyah Ponpes MUBA, Ust. Imam syafi’ie. Dalam sambutannya, Ustadz Imam – sapaan akrab beliau – memberikan sambutan dan ucapan terima kasih atas kehadirannya kepada pemateri seminar serta memaparkan pada para santri betapa pentingnya hidup bersih dan sehat. “Hidup bersih dan sehat adalah cita-cita kita bersama, mari kita upayakan guna mewujudkannya”, ungkap beliau.

Selanjutnya Seminar Penyuluhan Kesehatan dan Lingkungan Hidup akhirnya dimulai. Masing-masing pemateri diberikan kesempatan waktu satu jam untuk menyampaikan materinya. Kesempatan pertama diberikan kepada Bapak Amin Jabir, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, dan kemudian dilanjutkan oleh Bapak Rizki Samlan dari Dinas Kesehatan.

“Para santri harus siap untuk hidup bersih dari yang namanya sampah, mau atau tidak itu adalah kewajiban yang harus kita penuhi. Karena kalau tidak, dzolimlah kita. Dan saya yakin dengan para santri. Terlebih santri-santrinya Kiai Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata. Tentunya, pasti bisa melakukan kewajiban tersebut.” semangat Pak Amin Jabir – sapaan akrab beliau – pada saat seminar berlangsung.

Tidak mau kalah, Dinas Kesehatan yang diwakili Pak Samlan – sapaan akrab Bapak Rizki Samlan – juga begitu heroik menyampaikan materinya. Dia menyampaikan bahwa, ”Santri adalah panutan masyarakat, yang mana kalian itu diluar sangat dihormati. Jadi, saya harap para santri bisa memberikan contoh kepada masyarakat bagaimana hidup sehat dan pentingnya hidup sehat. Siap! Ya, saya yakin kalian siap.” Terang Pak Samlan.

Pada penghujung seminar, moderator, Ust. Syafi’uddin memberikan kesimpulan dari wacana seminar yang panjang lebar itu menjadi beberapa point. Di mana poin yang paling menjadi titik tekan adalah pentingnya membangun kesadaran dalam masalah hidup bersih dan sehat itu sendiri. (Ris)