GPIM Raih Juara Umum dan Juara Favorit

SAJJAD Senin, 9 September 2019 11:31 WIB
567x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren GPIM

Bata-Bata – Setelah kemarin Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes MUBA) menuai prestasi di tingkat provinsi dalam kejuaraan taekwondo, kali ini segudang prestasi kembali dipersembahkan oleh Gerakan Pramuka Insan Madani (GPIM) Gugus Depan 1565 Pangkalan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata.

GPIM Ponpes MUBA berhasil memborong berbagai piala kejuaraan dalam Ajang Kreasi Perkemahan Silaturahmi dan Persahabatan (AKPERSIDA) se-Madura. Ajang perkemahan yang berlangsung selama 3 hari, mulai Jumat, (06/09) sampai Ahad, (08/09) tersebut diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Nurul Amal Desa Sana Tengah Kecamatan Pasean Pamekasan.

Di tingkat SD/MI, GPIM Ponpes MUBA berhasil menyabet juara pertama dalam lomba daur ulang, mini pioneering, describing, smart scout challenge, semaphore kompak, hasta karya, pendirian tenda, akpersida tajwid contest, sandi oilmpiade, karnaval budaya, lintas medan, dan yel-yel pramuka. Adapun di tingkat MTs/SMP, GPIM meraih juara satu yel-yel pramuka, LKBB, hasta karya, pendirian tenda, pioneering, getting heroes, dan pentas seni. Dari perolehan lomba tersebut, GPIM mendapatkan juara umum di tingkat SD/MI, Juara Dua di tingkat SMP/MTs, dan Juara Favorit hasil kolaborasi dari semua tingkatan.

Dassir, Pembina GPIM, menilai keberhasilan yang diraih anak asuhnya tidak lepas porsi latihan intensif yang dilakukan selama 1 bulan. Setiap peserta diminta untuk fokus mendalami perlombaan yang akan diikuti masing-masing, baru kemudian membentuk team work yang kuat. “Latihan untuk perlombaan ini dijalani selama satu bulan secara intensif. Meskipun begitu, latihan tetap digelar pada jam-jam kosong yang tidak berbenturan dengan program pesantren. Awalnya fokus pada tiap lomba, baru membentuk kerja sama tim yang solid”, ungkapnya.

Dassir juga menyebutkan bahwa dalam beberapa pekan ke depan GPIM akan mengikuti perkemahan kembali yang diadakan di Universitas Trunojoyo Madura (UTM) Bangkalan. “Selepas ini anak-anak akan diistirahatkan selama dua hari penuh. Selanjutnya, akan digelar kembali latihan rutin untuk persiapan perkemahan selanjutnya di UTM tanggal 20 September mendatang,” imbuh pria yang juga guru bahasa Inggris tersebut. (Ans/Dha)