Sekolah Jurnalistik; Isi Pembukaan dengan Motivasi Menulis

SAJJAD Senin, 9 September 2019 21:49 WIB
187x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Lembaga Pengembangan Jurnalistik Sekolah Jurnalistik

Bata-Bata - Lembaga Pengembangan Jurnalistik (LPJ) adakan sekolah jurnalistik untuk yang ke sekian kalinya. Acara tersebut sudah menjadi agenda tahunan LPJ dan saat ini menjadi yang ke delapan kalinya. Acara pembukaan sekolah jurnalistik yang dikemas dengan motivasi menulis, kali ini bertempat di perpustakaan Al-Majidiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Senin malam (09/09/2019).

Sekolah jurnalistik ke-VIII yang diikuti oleh 40 peserta tersebut akan dilaksanakan selama tiga hari, mulai dari Senin malam sampai Kamis malam (09-12/09/2019). Acara tersebut diisi dengan beberapa materi yang berbeda. Senin malam berisi pembukaan sekaligus motivasi menulis, sedangkan hari Selasa diisi dengan dasar-dasar jurnalistik dan teknik penulisan berita cetak sekaligus praktek penulisannya, selanjutnya pada hari Rabu mempelajari teknik penulisan opini dan essay begitu pula prakteknya, adapun hari Kamis diisi dengan teknik pemberitaan televisi, dan kemudian acara ditutup pada Kamis malam.

Pada pertemuan pertama, Ustadz Wahyudi Efendi, Dewan Ma’hadiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, dihadirkan untuk mengisi materi motivasi menulis. Dalam kesempatan itu, Ustadz Wahyudi, sapaan akrab beliau, mengatakan bahwa mayoritas orang–orang akademisi itu terkenal karena tulisannya. “Rata-rata orang akademisi itu terkenal karena tulisannya”.

Beliau juga menambahkan bahwa santri Bata-Bata harus menjadi penulis dan pembaca yang handal. “Saya bangga kalau santri Bata-Bata mampu menerbitkan suatu karya, melakukan kajian terhadap karya orang lain, ataupun melakukan pembacaan yang baik terhadap karya orang lain,” imbuh penulis buku Bekal Sang Musafir tersebut.

Di samping itu, pada akhir acara, panitia mengadakan pemutaran cuplikan video tentang motivasi dan teknis-teknis menulis yang baik. Para peserta kemudian diminta untuk mengomentari video yang telah disaksikannya. Hal itu, bertujuan agar kegiatan sekolah jurnalistik kali ini lebih inovatif dan menarik dari sekolah jurnalistik sebelumnya sekaligus menjadi rangsangan awal bagi peserta agar lebih semangat mengikuti acara. (Lil)