Wartawan JPRM Bekali Teknis Penulisan Berita

SAJJAD Selasa, 10 September 2019 23:21 WIB
142x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Sekolah Jurnalistik VIII

Bata-Bata - Pada hari ke-2 pelaksanaan Sekolah Jurnalistik VIII Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes MUBA), panitia penyelenggara mengadakan materi terkait teknis penulisan berita di media cetak serta praktik pembuatannya yang diletakkan di Perpustakaan Al-Majidiyah Ponpes MUBA, pada hari Selasa, (10/09/2019).

Pada hari kedua ini, materi dibagi menjadi 2 kali tatap muka. Pertemuan pertama yang diadakan pada sore hari mendatangkan wartawan Jawa Pos Radar Madura (JPRM) Ali Muhsin dan Slamet Riady sebagai pemateri dalam kiat-kiat pembuatan berita. Selanjutnya, disusul pertemuan kedua yang dilaksanakan pada malam harinya dan berisi praktik lapangan yang dipandu oleh Anis Billah yang juga merupakan wartawan JPRM.

 Dalam sesi pemberian materi, para peserta sangat antusias dengan materi yang disampaikan oleh masing-masing pemateri. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya peserta yang bertanya kepada pemateri. Ali Muhsin, salah seorang pemateri turut mengapresiasi antusiasme peserta tersebut, “Meskipun kalian bisa dibilang lelah karena habis pulang sekolah, namun kalian tetap semangat mengikuti acara ini”, katanya.

Apalagi antusiasme peserta semakin berlipat ganda saat pelaksanaan praktik penulisan berita.  Hal ini ditengarai dengan banyaknya peserta yang bertanya hingga memakan waktu kurang lebih tiga setengah jam. Selain itu, berita-berita yang dibuat oleh peserta banyak yang dinilai baik oleh pemateri, sebagaimana yang disampaikan langsung oleh pemandu praktik tersebut, Anis Billah, ”Sudah banyak berita yang baik”, tuturnya. (Yan/San)