LPBA Studi Banding ke HMJ PBA UIN Maliki Malang

SAJJAD Jumat, 20 September 2019 18:28 WIB
265x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Studi Banding LPBA

Bata-Bata – Lembaga Pengembangan Bahasa Arab (LPBA) mengunjungi Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang, Jumat (20/09/2019). Acara kunjungan tersebut dikemas dengan studi banding metode pembelajaran bahasa Arab bersama Himpunan Mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa Arab (HMJ PBA) UIN Maliki Malang.

Acara yang digelar sejak pukul 08.00 s/d 11.00 WIB tersebut, dihadiri oleh Ketua Jurusan PBA FTIK, Dr. H. Mamluatul Hasanah, M.Pd., Staff Jurusan PBA, Yasin Abdul Bari, M.Pd., Pengurus HMJ PBA, dan rombongan pengurus LPBA serta sebagian pengurus HUBBA yang berjumlah 45 orang. Dilaksanakannya acara studi banding tersebut bertujuan untuk meningkatkan wawasan keilmuan, khususnya yang berkaitan dengan metode pembelajaran bahasa Arab.

Ustadz Syahin Jalal, S.Pd. selalu pembina LPBA menyampaikan maksud dan tujuan diadakannya studi banding dalam sambutannya, “Dengan studi banding ini, kami ingin semua pengelola LPBA bisa menerapkan ilmu yang didapat dari UIN, khususnya yang berkaitan metode pembelajaran. Karena di antara kekurangan pesantren selama ini ialah minimnya pengetahuan tentang metode pembelajaran Bahasa Arab", ungkapnya.

Untuk menjawab keinginan tersebut, Ketua Jurusan PBA, Dr. Mamlu’atul Hasanah, M.Pd menimpali saat mengisi studi, "Organisasi akan maju jika diisi oleh orang-orang yang positif. Dan Alhamdulillah selama ada di UIN, saya selalu dikelilingi orang-orang yang positif, sehingga bisa membawa dampak positif bagi perkembangan UIN", bebernya bercerita.

Studi banding kemudian selesai menjelang beberapa menit sebelum pelaksanaan shalat Jumat. Setelah shalat Jumat, rombongan LPBA terlebih dahulu diajak berkeliling area kampus UIN Maliki oleh ketua dan wakil ketua HMJ PBA sebelum bertolak kembali ke Bata-Bata. (Ans/Dha)