Bata-Bata Lepas 18 Santri Keluar Negeri

ADMINPESANTREN Sabtu, 5 Oktober 2019 15:09 WIB
964x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Kuliah Luar Negeri

Bata-Bata – Dewan pengurus Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Muba) kembali gelar acara pelepasan santri yang kuliah ke luar negeri. Acara tersebut diletakkan di mushala putra Sabtu, (05/10/2019).

Pelepasan tersebut dihadiri oleh ribuan santri, para asatid, dan para wali santri yang ingin diberangkatkan ke luar negeri. Hal ini merupakan bentuk penghormatan pada santri yang ingin melanjutkan pendidikannya ke negara lain, dan memotivasi para santri Ponpes Muba agar memiliki rasa semangat serta memiliki cita-cita yang tinggi.

Para santri yang ingin kuliah keluar negeri pada tahun ini berjumlah 18 santri, dengan perincian 6 ke-Mesir, 5 ke-Turki, 1 ke-Jerman, 2 ke-Yaman, 2 ke-Cina, dan 2 santri ke-Taiwan. Mereka merupakan para santri yang lulus tahun sekarang, dan tahun kemarin yang telah melakukan tugas pengabdian dari Ponpes Muba.

Dalam acara pelepasan tersebut Dewan A’wan Ponpes Muba RKH Moh Tohir Abd. Hamid juga turut hadir dan memberi pesan bagi para santri yang ingin berangkat ke luar negeri. Beliau berpesan, agar santri yang melanjutkan studinya ke negeri orang tersebut memiliki banyak relasi, agar dapat membantu jika ada sesuatu yang diperlukan.

Selain itu, beliau berpesan juga agar mereka yang kuliah di luar negeri tidak melupakan asalnya. Mereka harus kembali mengabdi ke tanah air, khususnya Madura. Tidak hanya itu beliau juga menyampaikan agar para santri tersebut tidak melemahkan akidah mereka. Beliau berpesan agar apa yanga didapat di pondok jangan sampai terlupakan.

Terakhir beliau berpesan, bagaimana santri-santri yang ingin berangkat ke luar negeri tersebut melakukan semuanya dengan ikhlas, sebab semua akan sempurna dengan ikhlas. “Carilah teman sebanyak-banyaknya, jangan lupakan asal, kembalilah jika sudah punya ilmu yang cukup, jangan lupakan akidah, dan jangan lupa ikhlas,” ingat beliau.

 

Selain berpesan pada santri yang mau kuliah ke luar negeri, beliau juga berpesan pada seluruh santri yang hadir dalam acara tersebut. Beliau berpesan agar mereka yang kuliah di luar negeri bisa menjadi pemacu motivasi para santri agar lebih semangat dalam belajar. “Belajarlah yang semangat biar kalian juga bisa menyusul kakak kalian yang kuliah keluar negeri,” ujarnya. (Yan/Deil)

 

Berikut Nama-Nama Santri yang Kuliah Ke Luar Negeri:

Yaman

1. Ahmad Maulana Abdullah Faiz

2. Asyroful Waro

 

Mesir

1. Muniri

2. Faizah

3. Alfin

4. Kholis

5. Abd. Qodir

6. Fakhrur Rosi

 

Turki

1. Ainun Najib

2. Moh. Amin

3. Mohammad Sobrun Jamil

4. Supriadi

5. Moh. Rizal Riyandi

 

Cina

1. Khairul Anam

2. Ahmad Subairi

 

Taiwan

1. Faizal

2. Fahat Sholeh

 

Jerman

1. Doifur Rohman