Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata Adakan i’lan al-Fiah Ibn Malik

SAJJAD Sabtu, 26 Oktober 2019 21:00 WIB
75x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Santri Hebat

Bata-Bata- Sudah menjadi rutinitas Ponpes Mambaul Ulum Bata-Bata menjelang liburan mengadakan acara i’lan nadhom al-Fiah ibn Malik dan kitab-kitab yang lain. Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara tersebut ditempatkan di musholla, Kamis Malam (24/10/2019).

 

Pada i’lan kali ini hanya ada 1 gelombang dengan delapan peserta, ada dua kitab nadhom yang di teskan pada glombang kali ini, yaitu nadhom al-Fiah ibn Malik dan Imriti. Namun yang menarik dan berbeda pada tahun sekarang dengan tahun yang sebelumnya adalah, ada salah satu pengi’lan kitab al-Fiyah dari otonom kastaqim mengi’lan kitab karangan Ibnu Malik itu dengan murodnya, arti sekaligus pemahamannya.

 

Ust. Rosidi salah satu asatidz yang menjadi koordinator acara dalam acara i’lanan kitab itu berujar bahwa dalam penilaian tidak hanya dari segi kemampuan para peserta namun yang terpenting dan lebih dari itu adalah akhlaknya. “Mengenai penilaian para peserta i’lan diantaranya adalah fasih dalam pengucapan baitnya, kepandaian menjawab, dan juga yang terpenting adalah dari segi akhlaknya ” Ujar Ust Rosidi selaku pembawa acara dalam acara i’lan tersebut.

 

Terakhir, dalam acara itu Ust. Rosidi selaku pembawa acara menyampaikan apresiasinya terhadap para peserta i’lan tahun ini. hal tersebut karena mereka sudah bisa mengatur waktunya sehingga pada akhirnya mereka bisa mengi’lan kitab yang mereka inginkan.”Saya sangat mengapresiasi pada para peserta i’lan karena mereka bisa menghafal kitab meski harus menghadapi kegiatan pondok yang sangat padat. Sekali lagi saya apresiasi karena sudah bisa mengatur waktunya dengan baik.” (Sin/San/Asa)