M2 Adakan Maulid Nabi Sekaligus Penutupan Program

ADMINPESANTREN Ahad, 3 November 2019 22:42 WIB
35x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Asrama M2 Asrama Kelas Akhir

Bata-Bata – menjelang liburan pesantren pada bulan Maulid, siswa kelas akhir di asrama M2 mengadakan maulid nabi bersama sekaligus penutupan program kegiatan belajar mengajar pada semester gasal. Acara maulid tersebut dihadiri langsung oleh dewan Ma’hadiyah dan dewan Taudhifiyah Pondok Pesantren Mambaul Ulmum Bata-Bata serta ratusan santri kelas akhir dan staf pengajar M2 yang berlangsung di lapangan asrama M2, Minggu malam (03112019).

                Acara maulid nabi bersama ini diadakan sebagai bentuk penghormatan bulan kelahiran Rasulullah SAW. Di samping itu juga membina santrisiswa kelas akhir dalam memahami tujuan diadakannya maulid nabi yang sebenarnya.

                Pada acara tersebut tidak hanya digelar bacaan sholawat barzanji sebagaimana biasanya, akan tetapi juga ada sambutan-sambutan dari kepala daerah M2, Ustadz Moh. Rofiq, Ustadz Ahmadi Nahrawi dan Ustadz Ahmad Qasim.

                Dalam sambutan yang pertama, Ustadz Rofiq –sapaan akrab beliau– meminta untuk saling memaafkan satu sama yang lain dan juga beliau berharap agar siswa kelas menjadi lebih bersemangat lagi dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar saat kembali ke pondok pesantren nanti, “Mari kita saling memaafkan satu sama lain dan jangan lupa untuk lebih semangat lagi nanti jika sudah balik ke pesantren,” tuturnya.

                Di sambutan yang kedua, Ustadz Ahmadi Nahrawi hanya memberi bekal pesan pada santri kelas akhir untuk di bawa pulang ke rumahnya, yaitu ilmu yang berkaitan tentang maulid nabi. Mengapa harus ada maulid nabi, mengapa harus berdiri dalam maulid nabi dan semacamnya. Selain itu, beliau juga meminta kepada santri khususnya kelas akhir untuk selalu berdakwah kepada masyarakat di sekelilingnya dan tentunya selalu menjaga nama baik almamater pondok pesantren, “Pulanag ini tidak hanya sekadar pulang ke rumah, akan tetapi kita memiliki kewajiban untuk berdakwah” ujarnya.

Ustadz Qosim dalam sambutan yang ketiga hanya meminta santri untuk lebih semangat belajar dan aktif mengikuti kegiatan-kegiatan yang ada di asrama M2 sebagai bekal nanti untuk menjalani pengabdian, “Kalian harus semangat dalam belajar, agar nanti saat ditugas tidak menjadi orang yang tersesat,” harapnya. (Diel)