Ngalap Dua Barokah; Rayakan Maulid di Pondok Pesantren

ADMINPESANTREN Jumat, 8 November 2019 22:38 WIB
1353x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Maulid Nabi

Bata-Bata – Perayaan Maulid nabi Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) berlangsung semarak, Jumat malam (08/11/2019). Acara yang dipadati oleh santri, alumni, dan masyarakat sekitar tersebut dilaksanakan di mushalla Ponpes Muba pukul 19.00 WIB.

Hadir pada kesempatan tersebut, RH. M. Thohir Abd. Hamid, RH. Ahmad Faisol Abd. Hamid, dan RH. Abd. Majid Abdurrahman Zahid. Acara dibuka dengan pembacaan surah Al-Fatihah oleh RH. Ahmad Faisol Abd. Hamid, kemudian dilanjutkan dengan pembacaan madaih an-nabawiyah oleh RH. Abd. Majid Abdurrahman Zahid dan RH. M. Thohir Abd. Hamid. Adapun pembacaan shalawat barzanji kemudian disenandungkan oleh Ustadz Rifqi Nurrahman, yang kemudian ditutup dengan doa oleh H. Abd. Qadir.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, antusiasme masyarakat dan alumni begitu besar. Hal itu terlihat dari banyaknya jamaah yang menyempatkan diri hadir ke mushalla. Sebelum jamaah bubar pasca acara, jamaah terlebih dahulu berebutan lembaran uang ribuan yang sejak awal diikat pada batang pisang di tengah-tengah mushalla.

Hafidz, salah seorang santri asal kecamatan Pamekasan menuturkan bahwa lembaran uang tersebut merupakan bagian dari pada bentuk ngalap barokah maulid begitu juga pondok pesantren yang sudah lumrah diperebutkan tiap tahunnya, “Alumni dan masyarakat sih berkeyakinan bahwa lembaran uang tersebut mengandung sisi keberkahan. Kami merayakan maulid di pondok pesantren sembari mengharap dua keberkahan, barokah maulid dan barokah pondok pesantren”, tuturnya dengan logat Bahasa Madura yang khas. (Ans/Dha)