Isi Liburan, HISBANY Gelar Seminar Ngaji Metode At-Tanzil

ADMINPESANTREN Ahad, 17 November 2019 15:25 WIB
270x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Dalam mengisi liburannya, santri dapat melakukan berbagai hal positif bagi dirinya begitu pula orang-orang di sekitarnya. Himpunan Santri Banyuates (HISBANY) menggelar seminar ngaji metode at-Tanzil selama dua hari (16-17/11/2019). Seminar tersebut bertempat di Ponpes al-Khautsar Desa Asemjaran Kecamatan Banyuates Sampang.

Pada kesempatan tersebut panitia mengundang langsung penyusun Metode Cepat baca al-Quran at-Tanzil, Ustadz H. Kholilurrahman. Ustadz Suroto –sapaan akrab beliau- mengisi setidaknya 5 kali tatap muka yang pada akhir seminar diparipurnai dengan perayaan maulid nabi bersama. Sekitar 150 peserta yang merupakan delegasi dari hampir seluruh TK/RA di kecamatan Banyuates mengikuti seminar tersebut.

Ahmad Aminullah selaku penasehat HISBANY menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan bentuk keprihatinan santri terhadap pendidikan baca al-Quran anak usia dini di kecamatan Banyuates yang masih tergolong rendah. “Ini adalah usaha kami untuk meningkatkan kemampuan baca al-Quran bagi anak-anak di Banyuates. Sebab, saat ini banyak pengajar hanya sekadar mengajar tanpa tahu bagaimana metodenya. Dengan acara inilah solusinya, diharap pengajar dapat tahu metode mengajar, membuat murid tertarik pula untuk belajar, sehingga membuat murid cepat mampu membaca al-Quran”, urainya.

Ia juga menghimbau agar anak-anak usia dini lebih difokuskan untuk mempelajari baca al-Quran terlebih dahulu daripada hal lainnya, “Saat ini anak-anak kecil terlalu mengesampingkan kemampuan membaca al-Quran. Mereka lebih mendepankan ilmu-ilmu lainnya yang lebih menjurus pada ilmu duniawi. Kami berharap ini dapat berubah, dan semoga acara ini menjadi awal dari perubahan itu”, tambahnya. (Ans/Dha)berita