TNB-SAHABAT Kolaborasi Adakan Pengobatan Massal

ADMINPESANTREN Ahad, 17 November 2019 22:59 WIB
189x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren TNB Forum SAHABAT

Bata-Bata – Tibbun Nabawi Bata-Bata (TNB) kembali menggelar pengobatan massal di luar pondok pesantren, Ahad (17/11/2019). Kegiatan yang bertempat di Desa Dempo Barat Kecamatan Pasean tersebut merupakan kali ketiga TNB mengadakan bakti sosial kesehatan pada masyarakat luas.

Dalam pelaksanaannya, para praktisi TNB dibantu oleh pengurus Forum SIlaturahmi Santri dan Alumni Bata-Bata (SAHABAT) Waru dan Pasean. Selain itu, mereka juga didampingi oleh beberapa dokter dari Rumah Sakit Assyifa’ Pamekasan guna memberikan penyuluhan kesehatan, pengobatan, serta sunnatan massal.

Kegiatan yang dimulai pada pukul 08.00 WIB dan berakhir pukul 12.00 WIB tersebut, kurang lebih dihadiri 100 warga yang langsung ditangani oleh 30 santri praktisi TNB. Salah seorang warga yang enggan disebutkan namanya begitu berterima kasih atas terlaksananya kegiatan tersebut. Ia bahkan berharap agar kegiatan semacam ini dapat diadakan setiap tahunnya, “Saya sangat berterima kasih dengan kegiatan ini. Masyarakat dapat berobat dengan gratis, seperti bekam, bahkan ada sunnatan massalnya juga. Jadi saya harap setiap tahun kegiatan ini rutin diadakan”, ungkapnya.

Di lain pihak, Habibullah, selaku penasehat TNB menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengalaman para praktisi TNB serta mengenalkan pada masyarakat terkait pengobatan ala nabi. “Setidaknya ada dua alasan di balik terlaksananya kegiatan ini. Pertama, diharapkan praktisi TNB memiliki pengalaman lebih saat mendiagnosa penyakit yang dialami masyarakat di luar pondok pesantren. Kedua, masyarakat di luar pondok pesantren dapat mengetahui pengobatan sunnah yang diwariskan kepada umat Islam, hanya saja sudah lama ditinggalkan oleh orang Islam itu sendiri”, jelasnya. (Ans/Dha)