Problematika Perayaan Maulid dan Jenazah di Tengah Tengah Masyarakat

SAJJAD Senin, 13 Januari 2020 13:38 WIB
103x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PEKAN NGAJI 5 Ponpes Muba Putri

Bata-Bata - Pada kesempatan kali ini, Ponpes Muba mengundang dua tokoh agama sebagai pemateri di acara seminar pekan ngaji 5, Ahad (12/01/2020). Acara tersebut berlangsung sekitar pukul 14.30 dan bertempat di aula muba putri. KH muzammil Imron dan KH Khalil Kawakib selaku pemateri memberikan pembahasan tentang kondisi masyarakat saat ini yang tengah dihadapkan dengan fenomena tentang banyaknya kelompok yang menyalahkan para salafus sholeh berkenaan dengan prakter yang ditradisikan masayarakat mengenai maulid dan jenazah. 
Sebagian orang mungkin menganggap hal ini biasa, namun perlu adanya kesadaran dari masing masing individu untuk meluruskan pemahaman-pemahaman tentang macam macam bid’ah yang tanpa sadar sudah mentradisi di tengah tengah mereka.

Untuk itu, meski tidak secara keseluruhan KH Khalil Kawakib mengupas jelas tentang semua isi kitab risalah maulid dan risalah jenazah namun beliau beserta KH Muzammil berusaha menyampaikan inti dalam kitab itu dengan sebaik mungkin. Sehingga para peserta yang ikut hadir dalam seminar tersebut mempunyai pegangan dan referensi untuk meluruskan sebagian kelompok masyarakat yang menganggap negatif tentang pemahaman mengenai janazah dan maulid nabi.[Fit/Red]