Menggali Kearifan Lokal Madura

SAJJAD Selasa, 14 Januari 2020 08:09 WIB
206x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PEKAN NGAJI 5 Ponpes Muba Putri

Bata-Bata - Madura adalah salah satu pulau yang menjadi pusaran bagi Negara Indonesia. Pulau Madura memiliki bahasa dan kebudayaan yang berbeda dari yang lainnya. Orang Madura lebih dikenal dengan hal spiritual, tatakrama dan juga doa. Ada juga isi tentang kebudayaan dari Madura sendiri ialah antara lain, sistem religi, masyarakat, pengetahuan, bahasa, kesenian, sistem pengetahuan, teknologi dan peralatan.

Karena hal tersebut, Ponpes Muba mengundang dua tamu agung yang namanya sudah melegenda di tanah kelahiran Indonesia khususnya di daerah Madura. Beliau adalah D. Zawawi Imron dan Kadarisman (13/01/2020). 

Seminar yang diadakan di aula madrasah dan dihadiri oleh jumlah santri sebanyak 300 peserta ini terlihat ramai. Pasalnya kedua pemateri tersebut mengulas lengkap tentang seluk beluk bahasa serta peran santri menjadi topic yang sangat menarik. Terlebih ketika D Zawawi Imron yang berhasil menghidupkan ruangan tersebut dengan syair syairnya sehingga membuat peserta begitu antusias menyimak. (Fit/red)