Teologi Islam dan Pengentasan Kemiskinan

SAJJAD Rabu, 15 Januari 2020 16:30 WIB
85x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PEKAN NGAJI 5 Ponpes Muba Putri

Bata-Bata - Dalam pandangan Islam manusia memiliki dua peran, pertama dia menjadi hamba Allah kedua menjadi khalifah yang memiliki peran untuk memakmurkan kehidupan di bumi. Untuk mencegah bobroknya pemikiran yang sering terjadi perlu adanya kajian tentang aspek yang berhubungan dengan  pengetahuan tersebut.

Untuk itu, pada seminar kali ini, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata mengundang salah satu profesor yakni Prof. Dr. Nashruddin Baidan yang berasal dari IAIN Surakarta sebagai pemateri dalam rangka memperbaiki cara berpikir seseorang dalam memahami dan mengamalkan hukum agar sesuai dengan dalil-dalil hukum Islam, Rabu (15/01/2020).

Seminar yang bertempat di aula putri tersebut diikuti oleh 300 peserta dan berlangsung aktif. Peserta menyambutnya dengan antusiasme. Ada banyak cara yang disediakan dalam pengelolaan ekonomi agar bisa berjalan sesuai aturan, yang mana salah satunya adalah memperbaiki etos kerja dan bersungguh-sungguh  dalam pekerjaannya.

Tujuan utama dalam tema tersebut adalah untuk mengangkat kemiskinan yang sudah meluas dan netralitas pemahaman dari pengentasan kemiskinan itu harus dimulai dari diri sendiri kemudian menyebar luaskan pada masyarakat agar mereka paham tentang teologi isla5m dan kaitannya dengan pengentasan kemiskinan. (Fit/Red).