Ngaji Paripurna; Hadirkan Narasumber dari Brunei Darussalam

ADMINPESANTREN Kamis, 16 Januari 2020 16:38 WIB
166x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PEKAN NGAJI 5 Ponpes Muba Putri

Bata-Bata - Orasi ilmiah mengenai pemikiran Islam dan akidah merupakan materi di hari terakhir sebelum pelaksanaan Ta'yidul Maharah (Tamara) Pekan Ngaji 5 Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Putri. Meskipun kajiannya berlangsung di siang hari, para santri tetap berpartisipasi mengikuti kajian ini. Peserta yang didominasi para santri mendengarkan dengan khidmat materi yang dibawakan oleh Dr. H. Hambali bin H. Jaili.

Kedatangan seorang Dr. Hambali -sapaan akrab narasumber- dari Brunei tentu memberikan kesan tersendiri bagi para santri, baik dari segi bahasanya yang berbeda serta memberikan perspektif baru bagi santri bahwa saudara seagama tersebar dimana-mana. Tidak hanya di negara sendiri namun di negara yang lainpun ada dan tentunnya masing-masing dari mereka berusaha mempertahankan konsep ahlu sunnah wal jama’ah.

“Ada berbagai paham yang tersebar di luar sana, mulai dari yang liberal, radikal, moderat, dan berbagai paham lainnya, namun pada kenyataannya Islam hanya satu. Islam saja, tanpa ada tambahan radikal, moderat, liberal, yang hal tersebut merupakan bentuk penjejahan dari segi akidah” tutur Dr. Hambali dengan ekspresi penuh semangat.

Acara yang berlangsung di mushalla putri lantai dasar pada Kamis (16//01/2020) dengan jumlah peserta kurang lebih 2500 santri dan alumni tersebut berlangsung dengan lancar dan penuh khidmat. Santri mengangap hal ini akan sangat sayang jika disia-siakan, sebab seminar ini merupakan hari terakhir pekan ngaji 5. (Luk MR/Red)