Tuan Tooifur; Menjadi Enterpreneur Bermodalkan Sifat Rasulullah

ADMINPESANTREN Kamis, 16 Januari 2020 16:15 WIB
137x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren PEKAN NGAJI 5 Enterpreneur Muslim

Bata-Bata – Dalam berbisnis memang memerlukan cara yang jitu agar mendapatkan hasil yang menguntungkan. Cara inilah yang diberikan oleh Tuan Guru Muhammed Tooifur dalam seminar yang bertajuk "Menciptakan Entrepreneur Muslim yang Berbasis Keagamaan yang Kuat” pada Kamis sore (16/01/2020) di aula Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba).

Untuk memberikan materi, Tuan Tooifur -sapaan akrab narasumber- tidak memaparkan dengan teori, akan tetapi beliau memberikan pengalamannya dan langsung menyuruh 10 santri untuk bertanya tentang entrepreneur. Setelah itu beliau memberikan cara jitu guna menjadi entrepreneur muslim yang hebat. Beliau juga mengatakan untuk menjadi entrepreneur dibutuhkan sifat rosul yang empat yaitu, shiddiq, amanah, tabligh,dan fatonah, “Sangat penting sifat Rosululah itu,” jelasnya.

Di pertengahan penjelasannya beliau juga memberikan tips agar memiliki jiwa entrepeneur yang kuat. Menurutnya faktor lingkungan dan dasar kelahiran dari keluarga yang memang fokus dalam entrepreneur, dan juga orang-orang yang bangkit dari kegagalan ketika fokus dalam entrepreneur.

Selain itu beliau juga menjelaskan bahwa untuk menjadi entrepreneur yang hebat pasti akan melewati yang namanya kegagalan, bahkan beliau juga menceritakan dirinya pernah gagal selama 10 kali dalam hal bisnis mobil di Singapura. ”Gagal itu senjata,” tegasnya.

Di akhir penyampaiannya beliau memberikan cara bagi para entrepreneur pemula yang banyak memasalahkan modal dalam usaha. Beliau banyak mengutip orang-orang yang memulai bisnisnya tanpa memiliki uang yang banyak, walaupun uang menjadi hal penting dalam memulai bisnis. Selain itu beliau membagikan cara agar selalu jujur dalam berbisnis, pengalaman yang banyak, pelayanan yang indah dan memiliki ahklaq yang bersifat islami. (Yan)