Ma Muba Gelar Workshop Pembuatan Karya Tulis Ilmiah

ADMINPESANTREN Jumat, 24 Januari 2020 17:21 WIB
26x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Workshop KTI

Bata-Bata – Panitia tugas akhir paper Madrasah Aliyah Mambaul ulum Bata-Bata (MA Muba) gelar workshop penulisan karya tulis ilmiah bagi seluruh siswa kelas akhir. Workshop tersebut dilaksanakan pada Kamis malam dan Jumat siang (23-24/01/2020) yang diletakan di Auditorium Madrasah Barat.

Workshop yang diikuti oleh ratusan siswa kelas XII dari semua program tersebut digelar dalam dua kali tatap muka. Tatp muka pertama dilaksanakan pada Kamis malam (23/01) untuk kelas XII program IPS 5 sampai 9 dan program IPA 4, sedangkan untuk tatap muka kedua dilaksanakan pada Jumat siang (24/01) untuk kelas XII program IPS 1 sampai 4 dan program IPA 1 sampai 3.

Tatap muka pertama diisi oleh Ali Ridho, M.Si, Dekan Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam al-Khairat Pamekasan, sedangkan sesi kedua diisi oleh Komaruddin, M.Pd, Waka. Kesiswaan Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata. Sebelum workshop dimulai, ketua panitia bimbingan paper siswa kelas akhir, Ustadz Ali Mansur menyampaikan latar belakang diadakannya program paper tersebut bagi siswa kelas akhir, "Saya adalah orang pertama yang mendapatkan dauh langsung soal paper ini dari Dewan A'wan. Paper ini akan sangat berguna kelak bagi kalian, khususnya saat menginjak bangku perkuliahan", sampainya.

Beliau juga menambahkan agar siswa tidak sungkan bertanya kepada pembimbing sebagaimana etika santri seharusnya. "Jika ada yang tidak dimengerti, baik dari segi materi maupun teknik penulisannya, silakan tanyakan kepada pembimbing masing-masing. Asalkan tetap memerhatikan etika layaknya seorang santri ketika bertanya," pesannya.

Sebagaimana telah lumrah dari tahun ke tahun, mengikuti bimbingan paper disertai lulus munaqasyahnya merupakan salah satu persyaratan agar siswa kelas akhir dapat mengikuti Ujian Akhir Madrasah (UAM). (Yan/Ans)