Tes Psikologi, Ajak Siswi Mengenal Karakter Pribadi

ADMINPESANTREN Jumat, 24 Januari 2020 12:30 WIB
167x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Tes Psikologi MA MUBA 1

Bata-Bata – Tenang, fokus dan khidmat. Layaknya suasana pelaksanaan UN, sekitar 100 siswi Madrasah Aliyah Mambaul Ulum Bata-Bata 1 (MA MUBA 1) mengikuti tes psikologi perdana yang diadakan oleh pihak madrasah. Pelaksanaan tes bertempat di tiga ruang kelas madrasah lantai 3. Tes psikologi kali ini mendatangkan penguji dari beberapa kota, salah satunya yaitu Ahmad Hafidzi, S.Psi, M.Psi, yang berasal dari salah satu perguruan tinggi ternama di Surabaya.

Saat sesi wawancara, banyak hal yang dijelaskan, termasuk pengertian psikologi, jenis-jenisnya hingga kegunaannya. “Psikologi itu lebih luas cakupannya ketimbang BK atau Bimbingan Konseling yang lebih pada teori administrasi. Psikologi itu ilmu untuk mempelajari jiwa, fisik, dan perilaku,” jelas Hafidzi, yang juga merupakan ketua tim dalam pelaksanaan tes psikologi tersebut. Dalam penjelasannya juga, ia sempat memaparkan tujuan dari tes psikologi kali ini, yang tidak lain untuk bisa mengetahui kecerdasan emosional, minat kerja dan minat kuliah khususnya, mengingat para peserta yang merupakan siswi kelas akhir. “Hasil tes akan kami berikan pekan mendatang,” lanjutnya.

Tes psikologi yang dilaksanakan bertepatan dengan lomba keasrian kelas tersebut mendapat respon positif dari peserta.Terlebih bagi mereka yang sedang dilema menentukan perguruan tinggi guna melanjutkan pendidikan mereka. “Awalnya menegangkan, bahkan bosan karena hampir 4 jam kami indoor, tapi saya sendiri sangat menikmati dengan berbagai soal yang menggugah otak untuk berpikir. Yang terpenting, optimis sama hasilnya, karena yakin 75 % hasil tes bisa membantu mengenal karakter pribadi saya,” ucap Lailatul Fitriya, siswi kelas 12A5 yang merupakan salah satu peserta tes psikologi. (May)