Pengurus Bidang Otonom; Aktivasi Program Otonom dan Kelengkapan Adminitrasi

ADMINPESANTREN Ahad, 26 Januari 2020 22:02 WIB
278x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Bidang Otonom

Bata-Bata – Pengurus bidang otonom Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) menggelar rapat bersama dengan seluruh pembina dan ketua badan otonom. Rapat tersebut bertempat di aula perpustakaan al-Majidiyah, Ahad malam (26/01/2020).

Selain aktivasi program otonom, pengurus bidang otonom juga mengadakan evaluasi serta program inovasi untuk semua pengurus otonom. Ustadz Nurul Hidayat, selaku Kepala Bidang Otonom menginformasikan berkenaan aktivasi bimbingan pengelola badan otonom untuk yang berstatus siswa kelas akhir. Beliau juga menargetkan penerbitan mading otonom yang dijadwalkan terbit awal bulan depan. “Jadi, bimbingan santri pengelola badan otonom yang duduk di kelas akhir, akan dimulai malam Rabu depan selepas maghrib. Mereka harus mendapatkan bimbingan, sebab tidak dapat mengikuti kegiatan asrama M2 lantaran menjadi pengurus otonom”, ujarnya.

Ustadz Dayat -sapaan akrab beliau- turut menghimbau agar seluruh badan otonom segera melengkapi kebutuhan administrasinya. Di awal bulan ini, direncanakan pengurus bidang otonom juga akan melakukan penertiban administrasi di setiap badan otonom, yang kemudian dilakukan follow up dengan menyelenggarakan pelatihan keadministrasian dan keorganisasian pada pertengahan bulan, “Awal bulan ini akan ada penertiban administrasi, lalu dilanjutkan dengan pelatihan administrasi dan keorganisasian setengah bulan kemudian. Selain itu, menjelang liburan pesantren juga akan diadakan penobatan badan otonom terbaik dari berbagai bidang”, jelasnya.

Selain itu, beliau juga menambahkan agar para pengurus otonom dan pembinanya secara intens berkoordinasi dan bermusyawarah untuk memajukan dan mengatasi masalah-masalah yang ada di badan otonom masing-masing. “Kami himbau kepada seluruh pembina untuk aktif dan semangat berkoordinasi dengan pengurus otonomnya, begitu pun sebaliknya. Sebab, di otonom itu ada beberapa hal yang perlu dimusyawarahkan bersama, mulai dari program hingga kepribadian peserta didiknya”, tambahnya. (Ans)