New Fatwa Liputan Khusus Ke Banyuwangi

ADMINPESANTREN Selasa, 28 Januari 2020 17:55 WIB
504x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Liputan Khusus Edisi 17 Kilas Pesantren

Bata-Bata – Dalam rangka menerbitkan edisi khusus pada terbitan yang ke 17, Redaksi majalah New Fatwa Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) melakukan liputan eksklusif ke Pondok Pesantren Nurul Abror Alas Bulu Banyuwangi, Selasa, (28/01/2020).

Pada edisi yang bertemakan "Think Global Act Local; Sinergi antara Ruang Lokal dan Dunia Global" tersebut, redaksi berinisiatif menjadikannya sebagai terbitan khusus pasca digelarnya international event Pekan Ngaji 5. Hal itulah yang juga kemudian memantik minat redaksi untuk mengangkat tema besar Pekan Ngaji 5 sebagai tema New Fatwa pada edisi tersebut. Guna tercapainya terbitan khusus yang dimaksud, redaksi mengupayakan beberapa kejutan dan inovasi yang akan disuguhkan pada edisi 17 kali ini, mulai dari penulis, narasumber, objek liputan, hingga desain yang lebih menarik. 

Ustadz Syahin Jalal selaku Pimpinan Redaksi Majalah New Fatwa menuturkan bahwa dipilihnya Pondok Pesantren Nurul Abror Alas Bulu Banyuwangi sebagai objek liputan pesantren edisi kali ini disebabkan karena pondok pesantren tersebut masih ada ikatan kekerabatan dengan Ponpes Muba. Pengasuh ketiga Ponpes Muba, RKH. Ahmad Mahfudz Zayyadi, sebelum pindah ke Bata-Bata, terlebih dahulu berkediaman di Ponpes Nurul Abror tersebut. "Sebenarnya liputan ke sana sudah diagendakan sejak dulu, bahkan 2 tahun yang lalu. Hanya saja, belum ada kesempatan sekaligus lokasinya yang memang sangat jauh. Berhubung dengan akan diterbitkannya edisi khusus ini, kami pun membulatkan tekad untuk berangkat dan meliput ke sana. Apalagi Ponpes Nurul Abror memang masih keluarga Ponpes Bata-Bata" ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ustadz Moh. Makinun Amien selaku Ass. Pimpinan Redaksi Majalah New Fatwa. Ustadz yang juga menjabat sebagai Ketua Organizing Committe Pekan Ngaji 6 tersebut bersyukur dapat melaksanakan liputan dengan lancar. Beliau juga sangat berterima kasih karena sudah mendapatkan sambutan yang hangat baik oleh pengasuh dan pengurus pondok, "Alhamdulillah, semuanya berjalan lancar. Data-data yang kami butuhkan untuk liputan dirasa sudah cukup. Pengurus pesantren juga menyambut hangat kedatangan kami. Apalagi, kami diberi kesempatan sowan sekaligus mohon izin untuk liputan kepada Kiai Fadhol (red.pengasuh)", ungkapnya. (Ans)