Pengurus Minikom Evaluasi Hasil Belajar Peserta

ADMINPESANTREN Jumat, 14 Februari 2020 22:54 WIB
304x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Badan otonom Minikom (Pakom Mini) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata adakan evaluasi capaian hasil belajar selepas penuntasan materi. Kegiatan tersebut dilaksanakan di halaman madrasah barat, Selasa-Jumat malam, (11-14/02/2020).

Dalam evaluasi kali ini diterapkan metode moving class sebagai tindak lanjut dari hasil evaluasi. Di mana seluruh peserta minikom dibagi menjadi 3 kelas yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta.

Ustadz Fauzan Syakir selaku ketua Minikom mengungkapkan dengan detail perihal klasifikasi peserta dalam kegiatan evaluasi kali ini, “Kelompok pertama didominasi oleh peserta Tamara di Pekan Ngaji 5 kemarin dan sebagian lagi yang kemampuan materinya di atas 90 persen, sementara kelompok kedua diperuntukkan bagi peserta yang menguasai materi di atas 70 persen, adapun sisanya yang kami anggap belum menguasai materi dikelompokkan menjadi kelompok ketiga”, jelasnya.

Selain itu, Ustadz Fauzan Syakir turut menambahkan bahwa setelah hasil evaluasi diketahui, kemudian akan diadakan follow up berupa pengelompokkan ulang dengan berpatokan pada nilai evaluasi berdasarkan pakem yang sudah menjadi standart di Minikom, “Setelah evaluasi ini selesai, akan kami nilai dan selanjutnya dikelompokkan kembali berdasarkan pakem yang sudah ada. Akan kami analisis, apakah sudah ada peningkatan dari bulan sebelumnya apa belum. Di samping itu, peserta yang dianggap belum menguasai materi, akan diberikan bimbingan khusus untuk mengejar target pencapaian yang merata di akhir tahun”, ungkapnya.

Dari hasil evaluasi yang rutin dilaksanakan setiap bulan tersebut, 80 persen peserta dinyatakan telah menguasai materi. “Alhamdulillah, sudah 80 persen. Sisanya tinggal penyempurnaan saja,” imbuhnya. (Ans/Dha)