Dua Dosen Bata-Bata Presentasikan Islam Damai di UKM Malaysia

ADMINPESANTREN Rabu, 19 Februari 2020 18:58 WIB
4140x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Malaysia - Membalas kunjungan rombongan dari Universiti Kebangsaan Malaysia ke Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata, Pamekasan yang saat itu diwakili oleh Norshariani, Mohd Yusof Hj. Othman, dan Hilmi, dalam rangka penelitian manuskrip di Madura, Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata mengirim dua doktornya yaitu Iksan Kamil Sahri dan Humaidi untuk memenuhi undangan Intitut Hadhari Univerisiti Kebangsaan Malaysia guna ikut serta dalam acara yang bertajuk International Seminar on Islamic Civilization 2020 di Malaysia, Selasa-Rabu (18-19/02/2020).

Dua peneliti dari Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata tersebut mempresentasikan Islam damai di Indonesia di hadapan para peserta yang terdiri dari berbagai negara seperti Malaysia, Indonesia, Singapura, Taiwan, Maladewa, India, dan negara lainnya. Secara spesifik, Humaidi membawakan makalah berjudul “The Role of Religion in Peace-building: The Archipelago’s Experience”, sedangkan Iksan Kamil Sahri bercerita tentang proses peradaban yang dilakukan oleh Kiai Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata di Sampang Madura dengan judul “Kiai as a Peaceful Agent: The Role of Kiai Bata-Bata to Decrease Social Violence in Sampang Madura”.

Selain membawakan makalah tersebut, utusan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata juga melakukan perbincangan kelembagaan dengan pihak UKM terkait dua hal; kerjasama lanjutan dengan Pondok Pesantren dan penulisan buku riset yang dibawakan oleh kedua institusi beda negara tersebut. Seperti diketahui, antara UKM dan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata telah terjalin kerjasama antar dua lembaga dan berakhir pada tahun 2020, sehingga butuh draft kerjasama baru untuk membangun peradaban Islam yang maju. (Redaksi/Muhammad Hilmi Jalil)