Santri Bata-Bata Juarai MQK Fathul Mu’in Se Indonesia

ADMINPESANTREN Sabtu, 29 Februari 2020 06:51 WIB
6102x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Santri Berprestasi MQK Paiton

Bata-Bata – Santri Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) Panaan Palengaan Pamekasan kembali menorehkan prestasi di kancah nasional. Prestasi tersebut kini datang dari bidang baca kitab kuning seiring diraihnya juara 2 MQK Fathul Mu’in dalam Festival Turats Ke 2 se-Indonesia yang digelar oleh Ma’had Ali Nurul Jadid Paiton Probolinggo, Kamis-Jumat (27-28/02/2020).

Prestasi yang bergengsi tersebut diraih oleh santri kelas 10 Madrasah Aliyah atas nama Ahmad Faqih. Santri yang juga merupakan anggota Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) itu berhasil menyabet juara 2 MQK Fathul Mu’in dari 70 peserta yang berasal dari bermacam-macam pesantren di Indonesia. Sebagaimana MQK pada umumnya, sistem perlombaan yang dilaksanaan meliputi pembacaan maqra’, pemberian makna, pemahaman maqra’, yang ditutup dengan pemaparan kesimpulan, baru dilanjutkan dengan tanya jawab oleh juri terkait pemahaman dan gramatikalnya.

Prestasi ini tentunya disambut hangat oleh seluruh santri dan asatidz Ponpes Muba. Tidak terkecuali, Direktur Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah, Ustadz Kholilur Rahman. Ustadz ahli sejarah tersebut menyampaikan bahwa keberhasilan dalam MQK kali ini diharapkan mampu mendongkrak semangat belajar santri, khususnya anggota Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah, “Tentunya kami gembira dan senang atas hasil ini. Semoga menjadi tonggak motivasi bagi santri, utamanya anggota M2KD agar giat mengkaji kutubussalaf. Kami akan terus berkarya dan berinovasi”, ujarnya.

Ustadz tamatan Institut Agama Islam Al-Khairat Pamekasan tersebut turut menegaskan rencana tindak lanjut dari prestasi yang telah dicapai ini. “Ini akan menjadi langkah awal kami untuk menyiapkan lebih banyak lagi kader M2KD yang berprestasi baik di kancah nasional bahkan internasional, terlebih di bidang kutubut turats”, paparnya.

Berdasarkan infomasi lebih lanjut yang diterima redaksi, dalam waktu dekat kader M2KD lainnya juga akan mengikuti ajang serupa yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jember Jawa Timur. (Ans/Dha)