Kabid Pendidikan Evaluasi Peserta Didik Daerah

ADMINPESANTREN Jumat, 13 Maret 2020 11:07 WIB
262x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Evaluasi Daerah

Bata-Bata – Berhubung liburan santri (Ramadhan) hampir tiba, Kabid Pendidikan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) mengadakan evaluasi kepada santri yang belajar di masing-masing daerah. Diadakannya hal itu tidak lain untuk melihat perkembangan para peserta didik yang ada di daerah. Evaluasi daerah tersebut digelar pada Rabu dan Jumat malam (11,13/03/2020).

Kabid Pendidikan Ponpes Muba, Ustadz Muhyi menjelaskan perihal diadakannya evaluasi daerah secara gamblang, “Diadakannya evaluasi di daerah karena ingin mengetahui keadaan para santri dari aspek pengetahuan mereka setelah setengah tahun belajar di daerah. Apakah mereka berkembang atau tidak”, terang astidz asal kota Bahari tersebut.

Beliau juga menambahkan, teknis evaluasi yang dijalankan sangat didominasi oleh pengetahuan seputar kutubiyah dan kemampuan baca al-Quran, “Secara garis besar, santri-santri yang belajar di daerah kami evaluasi berdasarkan kemampuan dasar dalam baca Quran dan kitab. Kalau di baca Quran dari aspek qiraah, kelancaran, dan tajwidnya. Sementara untuk baca kitab ditekankan pada qiraah dan hukum gramatikal nahwunya”, paparnya.

Ia pun turut berpesan kepada semua peserta evaluasi agar senantiasa bersiap dan menampilkan hasil pembelajaran yang luar biasa, ”Untuk para santri bersiap-siaplah, karena program ini ditujukan pada kalian tidak lain karena hanya ingin melihat perkembangan kalian semua. Selain itu bagi para santri yang berhasil menjadi yang terbaik saat evaluasi nanti, pada malam apel, akan diberikan reward, yang tentu reward-nya bukan kaleng-kaleng”, jelasnya sembari tertawa. (Ris)