Pionir Literasi Bata-Bata; LPJ Gelar Sekolah Jurnalistik IX

ADMINPESANTREN Kamis, 19 Maret 2020 13:30 WIB
429x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Sekolah Jurnalistik IX

Bata-Bata – Lembaga Pengembangan Jurnalistik (LPJ) Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) gelar pelatihan Sekolah Jurnalistik ke IX yang dilaksanakan mulai Senin-Kamis (16-19/03/2020) di perpustakaan al-Majidiyah.

Acara tersebut diikuti oleh 50 peserta yang semuanya merupakan santri aktif Ponpes Muba. Sama seperti sebelumnya, diadakannya Sekolah Jurnalistik tidak lain untuk meningkatkan budaya literasi yang ada di Ponpes Muba. Sebagaimana penjelasan yang disampaikan oleh pembina LPJ, Ustadz Moh. Abdul Majid Al Ansori, ”Sekolah Jurnalistik ada untuk membangkitkan kembali jiwa literasi para santri. Santri harus sadar bahwa literasi begitu penting dalam dunia pendidikan, dan Bata-Bata punya sejarah besar dalam hal ini”, terangnya pada saat memberikan motivasi kepada para peserta.

Hal ini juga diklarifikasi oleh ketua panitia, Ahmad Sajjad Ahsanul Abidin, tentang meningkatkan budaya literasi santri Ponpes Muba, “Berkenaan dengan hal itu, kami selaku pionir literasi di Bata-Bata akan mengusahakan semampunya dalam meningkatkan mutu literasi dan membudayakannya di pondok tercinta ini” jelasnya.

Pelatihan yang digelar selama 4 hari tersebut diisi oleh beberapa asatidz senior Ponpes Muba yang memang aktif di dunia literasi, seperti Ass. Pimpinan Redaksi New Fatwa, Ustadz Makinun Amin, Kepala Perpustakaan al-Majidiyah, Ustadz Badrut Tamam, Pembina LOGIS sekaligus penulis buku Assalamualaikum Jodohku, Ustadz Abd. Basit. Selain itu, juga diisi oleh alumni Ponpes Muba yang merupakan seorang penulis buku dan akademisi yakni Sihabuddin dan Ali Ridho. Target pencapaian dari Sekolah Jurnalistik ini lebih pada menumbuhkan konsistensi santri dalam menggeluti bidang tulisan yang sesuai dengan bakat dan minatnya, baik berupa karya ilmiah maupun fiksi. (Ris)