Khatmil Kitab Dardir; Bekali Santri Seputar Isra' Mi'raj

ADMINPESANTREN Sabtu, 21 Maret 2020 22:13 WIB
281x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Isra Miraj

Bata-Bata – Pada malam 27 Rajab sudah menjadi rutinitas tahunan Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) menggelar khotmil kitab Ad-Dardir sebagai jalan untuk mengingat perjalanan malam Rasulullah SAW (isra’) ke Baitul Maqdis sampai naik ke sidratul muntaha (mi’raj). Tahun ini, acara serupa pun digelar dengan diisi oleh 4 asatidz yaitu ustadz Khoiri Ahmad, ustadz Kholilurrahman, ustadz Imam Syafi’i dan ustadz Ahmadi Nahrawi. Khotmil kitab tersebut dilaksanakan di mushalla putra, Sabtu malam (21/03/20).

Sebelum kohtmil kitab dimulai, Dewan A’wan RH. M. Tohir Abd. Hamid memberi himbauan kepada santri tentang penyebaran virus corona yang saat ini mulai menyebar di Indonesia. Dalam himbauan tersebut ada berberapa poin yang disampaikan Beliau yaitu selalu mengamalkan qunut nazilah dan selalu menjaga kesucian diri. “Jangan enteng dan perkuatlah iman kalian” pesan beliau.

Diadakannya khotmil kitab Ad-Dardir bertujuan untuk menjadikan santri mengetahui lebih dalam tentang bagaimana perjalanan Rasulullah SAW. Oleh karena itulah santri juga dapat menambah wawasan keilmuannya seputar awal mula diwajibkannya shalat, seputar Baitul Maqdis, beraneka ragam kenikmatan surga dan siksaan neraka, serta hal-hal lainnya. Acara tersebut juga berguna untuk memaksimalkan peran santri kelas akhir saat menjalani pengabdian di tempat tugasnya kelak.

Moh. Iqbal Aziz, selaku santri baru mengaku sangat puas atas adanya khotmil kitab Ad-Dardir. Sebab, dirinya sebelum mondok masih sedikit tahu tentang perjalanan Rasulullah SAW yang sebenarnya. “Sebelum mondok saya masih sedikit tahu tentang perjalanan Rasullah SAW. Tetapi, setelah menghadiri khotmil kitab Ad-Dardir ini, saya merasa bertambah tahu tentang perjalanan Rasullulah SAW yang sebenarnya”, katanya saat diwawancarai. (San)