M2KD Adakan Program Kajian Kitab Online

ADMINPESANTREN Sabtu, 25 April 2020 21:38 WIB
364x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Pandemi tetap tidak menyurutkan semangat belajar kaum santri. Hal itu dibuktikan oleh anggota Majelis Musyawarah Kutubuddiniyah (M2KD) yang menggelar kajian kitab online. Kajian tersebut diselenggarakan mulai awal Ramadhan, Jumat (24/04/2020).

Kajian kitab online tersebut diikuti oleh sekitar 250 peserta yang tergabung ke dalam grup whatsapp kajian kitab online M2KD. Peserta yang terdiri dari anggota M2KD dan santri secara umum tersebut mengikuti 3 kajian kitab dari 3 fan keilmuan berbeda. Fan ilmu Nahwu dengan kitab Tasywiq al-Khollan diampu oleh Ustadz Usman Jember, fan Ushul Fiqh dengan kitab al-Luma’ diisi oleh Ustadz Kholilurrahman AQ Tunisia, dan fan tasawwuf dengan kitab Risalah al-Mu’awanah diampu oleh Ustadz Zainullah.

Ustadz Kholilurrahman, selaku direktur M2KD, menjelaskan terkait awal mula diadakannya program ini hingga teknis yang dijalani. “Awalnya kajian ini hanya diperuntukkan bagi anggota M2KD, namun ternyata di luar anggota banyak yang berminat menjadi peserta. Jadi kami umumkan saja. Adapun teknis kajian, dipasrahkan kepada pengampu kitab masing-masing. Ustadz Usman biasanya pagi hari, Ustadz Zainullah selepas shalat tarawih, sementara Ustadz Kholil menyesuaikan waktu pagi dan malam di Tunisia”, paparnya saat diwawancarai redaksi via wathsapp.

Beliau turut menjelaskan bahwa diadakannya program kajian kitab online didasari atas inisiatif anggota M2KD sendiri untuk mengisi liburan di rumah masing-masing, “Semuanya atas inisiatif teman-teman M2KD, lantas mereka kemudian meminta kesudian para asatidz terkait untuk mengisi kajian kitab ini”, jelasnya. (Ans)