BAC Siap Cetak Santri Menjadi Atlet Memanah

ADMINPESANTREN Sabtu, 4 Juli 2020 22:44 WIB
640x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren Bac Bata Bata Archery Club Atletpanahan

Bata-Bata – Selain mencetak santri yang kompeten dalam bidang ilmiah, seni dan bahasa, kini Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) membentuk badan otonom baru yaitu badan otonom memanah. Pembentukan badan otonom ini merupakan intruksi langsung dari Dewan A’wan Ponpes Muba, RH. Moh Tohir Abd. Hamid. Sebagaimana hasil wawancara redaksi, pada Sabtu, (04/07/2020), badan otonom ini dikenal dengan sebutan BAC (Bata-Bata Archery Club).

Badan otonom BAC didirikan guna mencetak kader (santri) menjadi seorang atlet yang mewakili pesantren selama 2 tahun ke depan. Sejak pertengahan Juni lalu, badan otonom BAC telah menerima peserta dan secara rutin mengadakan pelatihan memanah. Santri secara umum dapat ikut serta tanpa memandang batasan kelas dan usia, namun badan otonom ini sangat dianjurkan bagi santri yang masih duduk di jenjang pendidikan menengah pertama. Hal tersebut dikarenakan masa belajar yang lebih lama selama berada di pesantren.

Saat ini, BAC masih berada di bawah naungan badan otonom Tibbun Nabawi Bata-Bata (TNB) yang diketuai oleh Achmad Rivaldi selaku Staff TNB dan dilatih oleh Ustadz Habibullah selaku pembina TNB. Lokasi latihan BAC ditempatkan di 2 area, yakni aula Perpustakaan al-Majidiyah dan lapangan daerah S. Selain itu, jadwal latihan di BAC disesuaikan dengan jadwal kosong di badan otonom lainnya, yakni sore hari. Sehingga santri yang berminat latihan memanah di BAC dapat mengikuti kegiatan di badan otonom lainnya.

“Selain untuk mencetak kader atlet, pelatihan memanah ini juga merupakan anjuran agama, sebagaimana hadist dari Rasulullah saw tentang hal memanah. Bahkan  dalam latihan memanah, santri dapat menambah tingkat fokus dan ketelitian untuk membidik sasaran”, imbuh Ustadz Habibullah saat diwawancarai. (San/Hur)