Lomba Debat Ilmiah; Tegang dan Argumentatif

ADMINPESANTREN Senin, 20 Juli 2020 22:56 WIB
70x ditampilkan Galeri Headline Berita Kabar Pesantren

Bata-Bata – Langkah Pondok Pesantren Mambaul Ulum Bata-Bata (Ponpes Muba) untuk mencetak santri yang berkualitas dan mampu dalam segala bidang diwujudkan salah satunya dengan mengadakan lomba debat ilmiah. Acara yang merupakan bagian dari serangkaian lomba Getaria tersebut dihadiri oleh seluruh santri dan asatidz Senin malam (20/07/2020) di lapangan baru Daerah S.

Pada lomba tersebut perwakilan Daerah Q bersua peserta Daerah N dalam perlombaan pertama debat ilmiah dengan mosi yang diusung yaitu “Gadget membawa dampak buruk terhadap generasi muda”. Disusul kemudian perwakilan BBEC dan LOGIS sebagai peserta kedua dengan tema “Non muslim sebagai presiden Indonesia”. Perlombaan yang digelar pun berjalan tegang dan argumentatif, ditinjau dengan lugas dan kuatnya argumentasi dan bantahan-bantahan yang diajukan para peserta.

Tujuan diadakannya lomba debat ilmiah tidak lain dan tidak bukan agar para santri tetap semangat dan mengembalikan gairah belajar mereka, “Untuk mengembalikan ghiroh santri tanpa melupakan aspek kutubiyahnya”, tutur ustadz Abd. Basith selaku Koordinator Umum Lomba Getaria 1441 H kali ini.

Lomba yang berdurasi 10 menit tiap pertandingan ini, mendapat respon positif dari para penonton. Jumlah santri yang turut menjadi saksi adu argumentasi peserta begitu banyak sembari antusias menyimak, “Setelah menonton lomba debat ini, saya semakin bertambah wawasan dan pengetahuan baru”, tutur santri baru bernama Salam saat diwawancarai redaksi. (Fud/Zal)